PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PARAKAN TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PEMAHAMAN BELAJAR PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL SISWA KELAS V-A DI UPTD SDN PEJAGAN 1 BANGKALAN

SOFIA ULIL AMBIYA', SOFI (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PARAKAN TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PEMAHAMAN BELAJAR PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL SISWA KELAS V-A DI UPTD SDN PEJAGAN 1 BANGKALAN. STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
ARTIKEL Sofia Ulil Ambiya'_2048811048_PGSD.pdf

Download (384kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh penggunaan media parakan terhadap pemahaman belajar IPA bagi siswa kelas V-A di UPTD SDN Pejagan 1 Bangkalan dan pengaruh penggunaan media parakan terhadap kemandirian belajar IPA bagi siswa kelas V-A di UPTD SDN Pejagan 1 Bangkalan. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif atau biasa disebut desain analitik kuantitatif dalam implementasinya dilakukan melalui tahapan kerja atau struktur kinerja. Teknik pengumpulan data menggunakan test soal dan angket. Berdasarkan output pertama yang telah di uji diperoleh deskripsi data terdapat rata-rata mean pada pre 65,33 sedangkan data post yakni 84,33 serta data nilai signifikan pada equal variances assumed sebesar 0,000< 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa menunjukkan adanya pengaruh media parakan terhadap Pemahaman belajar IPA. Serta output uji kedua diperoleh deskripsi data terdapat rata-rata mean pada pre 65,33 sedangkan data post yakni 80,93 serta data nilai signifikan pada equal variances assumed sebesar 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa menunjukkan adanya pengaruh media parakan terhadap kemandirian belajar IPA. Kata kunci: Media Parakan, Pemahaman Belajar, Kemandirian Belajar

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: SUA SOFIA ULIL AMBIYA'
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:45
Last Modified: 05 Aug 2024 04:45
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/3501

Actions (login required)

View Item View Item