PEMAHAMAN SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN RUANG DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKSIF DAN IMPULSIF

Muzayyanah, siti (2018) PEMAHAMAN SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN RUANG DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKSIF DAN IMPULSIF. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
ABSTRAK BIN & BING.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB v.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB1.docx

Download (17kB)

Abstract

Kata kunci : Pemahaman, Pemecahan Masalah, Bangun Ruang, Dan Gaya Kognitif Refleksif Dan Impulsif Pemahaman adalah pengintegrasian skema yang ada pada siswa dengan informasi yang diterima berdasarkan komponen pemahaman menurut krathwol yang terdiri dari enam aspek antara lain: remember, undarstannding, applying, analzing, evaluation, dan creating. Adapun tujuan dari peneliti ini untuk mendeskripsikan pemahamn siswa SMP yang bergaya kognitif refleksif dan impulsif dalam memecahkan masalah bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dikelas VIII SMP Islam Ibnu Ahmad Masduki Tanjung Bumi tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini terdiri dari satu siswa perempuan dengan gaya kognitif refleksif (R) dan satu siswa perempuan dengan gaya kognitif impulsif (I). Instrumen penelitian ini terdiri daari tes gaya MFFT, pemecahan masalah bangun ruang, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa memahami masalah, pada tahap kognitif remember SR mengingat materi sebelumya setelah selesai membaca soal,menyebutkan apa saja yang diketahui dengan singkat dan terperinci, sedangkan SI mengingat materi sebelumya setelah selesai membaca soal, tidak menyebutkan semua hal yang tideak diketahui, pada tahap kognitif understanding SR dan SI menceritakan kembali dengan kalimatnya sendiri mengenai soal yang telah dibacanya, dan pada tahap applying SR dan SI menemukan dan menjelaskan hubungan antara hal yang diketahui dengan hal yang ditanyakan. Dalam merencanakan penyelesaian, pada tahap kognitif remember SR dan SI mengingat informasi yang sudah dimiliki sebelumnya mengenai rumus yang sesuai pada tahap kognirif understanding SI tidak merinci langkah-langkah yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah, tetapi pada tahap kognitif applying SR dan SI menjelaskan alasan penggunaan langkah-langkah rencana penyelesaian tersebut dan menetapkan rumus yang akan digunakan. Dalam menyelesaikan rencana penyelesaian, pada tahap kognitif remember SR dan SI menguraikan lankah-langkah yang telah ia lakukan dalam menyelesaikan rencana penyelesaian, pada tahap kognitif understanding SR dan SI menjelaskan secara runtut sesuai dengan yang tertulis pada lembar jawaban dan pada tahap kognitif applying SR dan SI hal yang diketahui pada soal sudah digunakan dalam langkah penyelesaian dan menemukan hasil. Dalam memeriksa kembali, pada tahap kognitif remember SR dan SI mengatakan bahwa hasil yang diperoleh sesuai dengan cara memeriksa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:13
Last Modified: 24 Apr 2019 07:13
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item View Item