Kusumawati, Nia Wijayanti. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Means Ends Analysis Dengan Metode Diskusi Pada Materi Luas dan Keliling Segitiga Kelas VII H SMPN 5 Bangkalan

Kusumawati, Nia wijayanti (2018) Kusumawati, Nia Wijayanti. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Means Ends Analysis Dengan Metode Diskusi Pada Materi Luas dan Keliling Segitiga Kelas VII H SMPN 5 Bangkalan. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
bab I.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (13kB)

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran Means Ends Analysis, Metode Diskusi Kegiatan utama dalam pendidikan adalah proses pembelajaran dan komponen utama dalam proses pembelajaran adalah guru dan siswa. Peran guru selain sebagai pengajar juga sebagai pembimbing serta fasilitator, dan siswa berperan sebagai subjek dari kegiatan belajar mengajar tersebut. Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 5 Bangkalan, salah satu penyebab siswa mendapatkan nilai rendah dalam pembelajaran matematika adalah kurangnya pemahaman siswa dalam memecahkan masalah. Banyak model yang dapat di kembangkan oleh guru untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam memecahkan masalah. Salah satunya yaitu model pembelajaran MEA. Model pembelajaran MEA adalah model pembelajaran yang bertujuan untuk menganalisis suatu masalah. Untuk mengatasi masalah diatas diperlukan metode pembelajaran yang bisa membantu siswa lebih mudah memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menerapkan metode diskusi. Metode diskusi adalah metode pembelajaran yang menghadapkan siswa pada suatu permasalahan. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan kemampuan guru dalam mengelola model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa pada materi luas dan keliling di kelas VII H SMP Negeri 5 Bangkalan. (2) Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa pada materi luas dan keliling di kelas VII H SMP Negeri 5 Bangkalan. (3) Untuk mendeskripsikan aktifitas siswa dalam model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa pada materi luas dan keliling di kelas VII H SMP Negeri 5 Bangkalan. (4) Untuk mendeskripsikan ketuntasan siswa menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa pada materi luas dan keliling di kelas VII H SMP Negeri 5 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif karena menngunakan teknik analisis data berupa statistik deskriptif. Statistik deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adaya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku umum atau generalisasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaranuntuk mengetahui seberapa efektifnya guru mengelola model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan metode diskusi saat proses pembelajaran terjadi, lembar observasi aktifitas siswa digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran ketika model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan metode diskusi diterapkan, lembar angket respon siswa digunakan untuk mengetahui tentang respon siswa terhadap model pembelajaran Means End Analysis (MEA) dengan metode diskusi, lembar tes hasil belajar (THB) digunakan untuk mengetahui tentang kemampuan siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan metode diskusi pada materi segitiga. Hasil analisis data statistik deskriptif menunjukkan bahwa Kemampuan guru mengelola pembelajaran dikatakan efektif, dikarenakan rata – rata skor tingkat kemampuan guru adalah 3,5 berada dalam kategori sangat baik, Aktivitas siswa memiliki 9 kategori persentase tertinggi Respon siswa menunjukkan sangat positif dengan persentase adalah 98,4%, Tes hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan secara individu sebanyak 80% dan ketuntasan secara klasikal 80%. Berdasarkan analisis data dari keempat indikator diatas maka model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan metode diskusi dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 24 Apr 2019 06:48
Last Modified: 24 Apr 2019 06:48
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/345

Actions (login required)

View Item View Item