KOMARIYAH, KOMARIYAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN KELAS IX DI SMP NURUT TAUFIQ. STKIP PGRI Bangkalan.
Text
artikel_skripsi_kokom[1].docx Download (105kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran peer teaching menggunakan alat peraga puzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi kesebangunan dan kekongruenan kelas IX di Smp Nurut Taufiq, Jenis peneliti yang digunakan pada penelitian ini merupakan pendekatan pretest Posttest. yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Nurut Taufiq dengan jumlah 3 kelas, yaitu kelas VII, VIII, dan IX dengan jumlah keseluruhan 45 Siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX dengan jumlah 20 siswa. Teknik sampling atau cara pengambilan sampel dalam peneliti ini dengan one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes. Tes yang digunakan yaitu tes di awal pembelajaran (pretest) dan tes diakhir pembelajaran (posttest). Hasil penelitian diperoleh nilai signifikan pretest yakni 0,093 dan hasil signifikan nilai posttest 0,149. Signifikansi pada nilai Pretest dan posttest tersebut lebih besar dari >0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji t sampel bebas menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,001 <0,05, Hasil tersebut sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis menggunakan sig <0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima yaitu bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada penilaian pretest dan posttest. Artinya ada pengaruh model pembelajaran peer teaching terhadap hasil belajar siswa SMP Nurut taufiq.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | S.Pd KOMARIYAH KOMARIYAH |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 06:27 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 07:11 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/2960 |
Actions (login required)
View Item |