THE USE OF ANIMATION MOVIE CLIP TO PRACTICE WRITING SKILLS NARRATIVE TEXT TO STUDENTS OF SMA ASSHOMADIYAH BANGKALAN

Farhan Abdillah, Farhan (2023) THE USE OF ANIMATION MOVIE CLIP TO PRACTICE WRITING SKILLS NARRATIVE TEXT TO STUDENTS OF SMA ASSHOMADIYAH BANGKALAN. STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Artikel Skripsi Farhan abdillah.docx

Download (53kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XA SMAS Asshomadiyah Bangkalan dengan menggunakan Animation movie clips “Toy Story 3” sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menemukan dan membuktikan bahwa penggunaan media ini dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus yaitu suatu proses penelitian dimana peneliti mendapatkan secara sistematis, faktual dan akurat atas informasi yang sebenarnya tentang fakta dan fenomena yang terjadi. Peneliti dan guru juga berperan dalam proses penelitian ini untuk mengetahui proses belajar mengajar menggunakan media ini dan juga kelemahan dalam proses pembelajaran menulis. peneliti menggunakan 2 instrumen untuk mengumpulkan data, yaitu observasi dan wawancara. Peneliti melakukan 2 observasi karena pada observasi pertama tulisan siswa belum berhasil untuk tujuan penelitian ini. Guru bahasa Inggris dan 3 siswa menjadi objek wawancara ini. Pengamatan kedua menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa meningkat setelah melihat Animation Movie clips “Toy Story 3”. Ditemukan juga bahwa menonton film Animation lebih mungkin membantu mereka meningkatkan bahasa Inggris mereka. Siswa terus meningkatkan keterampilan menulis mereka dalam menemukan lebih banyak kata bahasa Inggris dengan menggunakan kartun sebagai media. Indikator keberhasilan pelaksanaan adalah: 1 siswa lebih menikmati proses pembelajaran dan 2 keterampilan menulis siswa meningkat. Selain itu, temuan ini juga didukung dengan hasil tulisan siswa setelah melihat Animation movie clips. This study aims to improve the writing skills of class XA SMAS Asshomadiyah Bangkalan students by using "Toy Story 3" Animation movie clips as a learning medium. This research is a qualitative research that aims to find and prove that the use of this media can improve students' writing skills. The research method used is a case study, namely a research process in which researchers obtain systematically, factually and accurately the actual information about the facts and phenomena that occur. Researchers and teachers also played a role in this research process to find out the teaching and learning process using this media and also the weaknesses in the writing learning process. researchers used 2 instruments to collect data, namely observation and interviews. The researcher made 2 observations because in the first observation the students' writing was not successful for the purpose of this study. English teacher and 3 students became the object of this interview. The second observation showed that the students' writing skills increased after seeing the Animation Movie clips “Toy Story 3”. It was also found that watching Animation films was more likely to help them improve their English. Students continue to improve their writing skills in finding more many English words using cartoons as a medium. Indicators of successful implementation are: 1 students enjoy the learning process more and 2 students' writing skills improve. In addition, this finding is also supported by the results of students' writing after viewing Animation movie clips.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Depositing User: S.Pd FARHAN ABDILLAH
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:20
Last Modified: 11 Sep 2023 04:20
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/2959

Actions (login required)

View Item View Item