A STUDY WORD WALL APPLICATION FOR ADDITION OF VOCABULARY MASTERY TOWARD THE TENTH GRADE STUDENTS AT SMAN 1 KAMAL

Putri Shania Fatmawati, Putri (2023) A STUDY WORD WALL APPLICATION FOR ADDITION OF VOCABULARY MASTERY TOWARD THE TENTH GRADE STUDENTS AT SMAN 1 KAMAL. STKIP PGRI Bangkalan, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
Artikel Skripsi PUTRISF.pdf

Download (261kB)

Abstract

Dalam melakukan proses belajar-mengajar, sebagai seorang guru seharusnya dapat memilih dan menggunakan beberapa media pembelajaran yang sesuai dan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan didalam kelas. Serta mampu membuat siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mengimplementasikan aplikasi berbasis game yaitu Word Wall untuk mengetahui pemahaman kosakata siswa di SMA Negeri 1 Kamal pada mata Pelajaran Bahasa Inggris, Siswa merasa lebih jenuh dan merasa tidak puas dengan penyampaian materi atau pemberian tugas yang terus menerus secara konvensional. Dengan mengimplementasikan media pembelajaran Word Wall tersebut, siswa dapat mengetahui pemahaman kosakata dan memahami materi yang telah diberikan oleh guru. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kamal. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas sepuluh. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan dari hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa kelas sepuluh dapat menggunakan Word Wall sebagai media pembelajaran, hal tersebut bisa dibuktikan dengan siswa yang lebih antusias dalam melakukan proses pembelajaran. Mereka juga tidak merasa jenuh bahwa pembelajaran yang diberikan akan terasa monoton. Kata Kunci: Word Wall Application, Vocabulary Mastery In carrying out the teaching and learning process, as a teacher you should be able to choose and use several appropriate learning media that can create a pleasant atmosphere in the classroom. And able to make students more enthusiastic in learning. This research aims to implement a game-based application, namely Word Wall, to determine students' vocabulary understanding at SMA Negeri 1 Kamal in the English subject. Students feel more bored and dissatisfied with the conventional delivery of material or continuous assignments. By implementing the Word Wall learning media, students can understand vocabulary and understand the material provided by the teacher. In this research, researchers used qualitative methods. The type of research used is a qualitative descriptive approach. The research was carried out at SMA Negeri 1 Kamal. The research subjects were tenth grade students. Data collection techniques used by researchers include: observation, interviews, and documentation. And the results of this research have shown that tenth graders can use Word Wall as a learning medium, this can be proven by students who are more enthusiastic in carrying out the learning process. They also do not feel bored that the learning provided feel monotonous. Keywords: Word Wall Application, Vocabulary Mastery

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Depositing User: S.Pd PUTRI SHANIA FATMAWATI
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:14
Last Modified: 11 Sep 2023 02:14
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/2954

Actions (login required)

View Item View Item