Dina Fitria, Dina (2023) ANALISIS KESALAHAN KOHESI DAN KOHERENSI PARAGRAF PADA KARANGAN SISWA KELAS X SMA AL-BAKRIYAH SAMPANG. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.
Text
Artikel Dina Fitria(1).pdf Download (667kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan wujud kesalahan penggunaan alat kohesi, 2) mendeskripsikan wujud kesalahan penggunaan alat koherensi, 3) mendeskripsikan wujud sebab-sebab terjadinya kesalahan penggunaan alat kohesi, 4) mendeskripsikan wujud sebab-sebab terjadinya kesalahan penggunaan alat koherensi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan karangan siswa kelas X SMA Al Bakriyah Sampang sebagai subjek penelitian, yang dipilih sebanyak 38 karangan. Teknik penentuan subjek didasarkan pada pengambilan sampel yang dilakukan secara random sampling, yaitu dari 4 kelas paralel diambil 1 kelas, yaitu kelas X-4 karena ditemukan paling banyak terjadi kesalahan. Adapun objek penelitiannya adalah kesalahan kohesi dan koherensi. Data diperoleh dengan metode membaca dan teknik mencatat. Metode analisisnya menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah human instrument. Keabsahan data diperoleh melalui validitas expert judgment dan reliabilitas intrarater dan interrater. Dalam hal ini expert judgment adalah ahli bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah total kesalahan yang ditemukan sebanyak 89 kesalahan. Pertama, kesalahan penggunaan alat kohesi sebanyak 49 kesalahan, meliputi kesalahan konjungsi sebanyak 29 macam, repitisi 3 macam, elipsis 6 macam, subtitusi 2 macam, sinonim 1 macam, kolokasi 1 macam, dan referensi sebanyak 7 macam. Kedua, kesalahan penggunaan alat koherensi sebanyak 8 kesalahan, meliputi kesalahan kebersamaan sebanyak 5 macam, kesalahan keparalelan, perbandingan, dan perincian terdapat masing-masing 1 macam. Ketiga, penyebab kesalahan penggunaan alat kohesi berjumlah 35 kesalahan, meliputi adanya interferensi sebanyak 14 macam, menyalahi kaidah bahasa Indonesia 19 macam, relevansi sebanyak 2 macam. Keempat, penyebab kesalahan koherensi berjumlah 10 kesalahan, meliputi kesalahan penalaran dan logika berbahasa sebanyak 4 macam, generalisasi terlalu luas 4 macam, dan hubungan sebab akibat tidak memadai sebanyak 2 macam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA |
Depositing User: | S.Pd DINA FITRIA |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 04:27 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 04:27 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/2924 |
Actions (login required)
View Item |