ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

LALA INDRA SUWARI, LALA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Artikel Skripsi_ Lala Indra Suwari.docx

Download (98kB)

Abstract

Abstrak: Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari perbedan gender pada materi barisan dan deret. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP An Nur Fuadi Bangkalan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: lembar kuisioner (angket) gender, tes uraian dan wawancara. Angket gender digunakan untuk menentukan gender siswa, termasuk dalam gender maskulin atau feminism. Tes uraian digunakan untuk mengetahui Langkah-langkah penyelesaian soal yang telah diberikan. Kemudian wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam tentang kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dalam mengerjakan soal tersebut. Untuk Teknik analisis data melalui tiga tahapan secara berurutan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kerangka analisis yang dugunakan berdasarkan indikator berfikir reflektif matematis Abdul Muin, Yaya S. Kusumah, dan Utari Sumarno, yaitu : mampu mendeskripsikan situasi atau masalah matematik, mampu mengidentifikasi situasi atau masalah matematik, mengintrepetasi, mengevaluasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan gender maskulin mampu menjawab 3 soal dengan tepat dan 1 kurang tepat. Serta mampu memenuhi beberapa indikator kemampuan berfikir refektif matematis. Kemudian siswa dengan gender feminism mampu menjawab 4 soal dengan tepat. Serta mampu memenuhi semua indikator kemampuan berfikir refektif matematis. Dalam pernelitian ini juga ditemukan jika subjek feminism dalam wawancara bisa menjelaskan lebih detail dan runtut sedangkan subjek maskulin menjelaskan dengan kurang detail serta cenderung membutuhkan waktu lebih lama dalam menjelaskan langkah-langkah pengerjaan soal. Kata kunci : Berfikir Reflektif Matematis, Gender, Barisan Dan Deret Abstract: This type of research is descriptive qualitative. This research aims to describe students' mathematical reflective thinking abilities in terms of gender differences in the material for sequences and series. The subjects of this research were class VIII students of SMP An Nur Fuadi Bangkalan. Data collection techniques used in this study were: gender questionnaire sheets, essay tests and interviews. Gender questionnaires are used to determine student gender, including masculine or feminine gender. The description test is used to find out the steps for solving the problems that have been given. Then interviews were conducted to obtain more in-depth information about students' mathematical reflective thinking abilities in working on these questions. For data analysis techniques through three stages sequentially, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The analytical framework used is based on the indicators of reflective mathematical thinking Abdul Muin, Yaya S. Kusumah, and Utari Sumarno, namely: being able to describe mathematical situations or problems, being able to identify mathematical situations or problems, interpreting, evaluating and drawing conclusions. The results showed that students with masculine gender were able to answer 3 questions correctly and 1 incorrectly. As well as being able to meet several indicators of the ability to think mathematically reflectively. Then students with gender feminism were able to answer 4 questions correctly. As well as being able to meet all indicators of mathematical reflective thinking ability. In this study it was also found that feminist subjects in interviews could explain in more detail and coherently while masculine subjects explained in less detail and tended to take longer to explain the steps for working on the questions.. Keywords: Mathematical Reflective Thinking, Gender, Sequences and Series

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: S.Pd LALA INDRA SUWARI
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:33
Last Modified: 05 Sep 2023 04:33
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/2902

Actions (login required)

View Item View Item