FAUROK, FAUROK (2023) THE INVESTIGATION OF BILINGUAL STORY BOOK IN READING SKILL ON ELEMENTARY SCHOOL. STKIP PGRI BANGKALAN.
Text
JURNAL ARTIKEL FAUROK.docx Download (59kB) |
Abstract
Buku cerita bilingual merupakan salah satu sumber yang digunakan sebagai bahan bacaan sekaligus bercerita. Penggunaan buku dwibahasa yang berisi cerita versi Indonesia dan Inggris menjadi trend saat ini, dimana anak-anak diajak untuk belajar bahasa sejak dini, baik bahasa Indonesia maupun bahasa asing, dalam hal ini bahasa Inggris. Bagaimana penerapan penggunaan buku cerita dwi bahasa untuk pembelajaran membaca di kelas dan Bagaimana tanggapan siswa terhadap penggunaan buku cerita dwibahasa. Objektivitas penelitian untuk mengetahui bagaimana implementasi penggunaan buku cerita dwibahasa untuk pengajaran membaca di kelas dan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan buku cerita dwibahasa. Tujuan dari pendekatan kualitatif adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang ide, pandangan atau pengalaman dengan dan mengevaluasi data non-numerik seperti teks, video atau audio. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menemukan ide penelitian yang baik atau untuk menambah wawasan mendalam tentang suatu topik dalam penelitian. Hasil observasi yang peneliti temukan ada beberapa kondisi antara lain semangat, minat siswa dan kondusif dalam proses pembelajaran yang diberikan guru kepada siswa dengan menggunakan buku bilingual. Peneliti menyimpulkan bahwa guru merasa nyaman dengan metode dua bahasa yang digunakan untuk siswa di kelas, sehingga memudahkan siswa untuk memahami kosa kata bahasa Inggris dengan menggunakan buku bergambar. Metode ini juga sangat berpengaruh terhadap kemampuan siswa. Dengan menggunakan metode ini siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, lebih giat dan giat dalam mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS |
Depositing User: | S.Pd FAUROK FAUROK |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 05:29 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 05:29 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/2783 |
Actions (login required)
View Item |