RIFQOH HASANAH, RIFQOH (2023) ANALISIS FAKTOR MINIMNYA MINAT MEMBACA SISWA KELAS V DI UPTD SD NEGERI PANGOLANGAN 1 BURNEH. STKIP PGRI BANGKALAN.
Text
Artikel Skripsi rifqoh.docx Download (164kB) |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa dan menganalisis faktor minimnya membaca pada siswa kelas V SD Negeri Pangolangan 1 . Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Objek pada penelitian ini adalah kelas V yang dilakukan di UPTD SD Negeri Pangolangan 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian disini adalah lembar observasi dan lembar wawancara . Teknik analisis data yang digunakan adalah model dari Miles dan Humberman yaitu pengumpulan data, sajian data, penarikan simpulan dan reduksi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum dari 26 siswa kelas V SD Negeri Pangolangan I ada 9 siswa yang mengalami minim dalam minat membaca. Adapun faktor yang mempengaruhi minimnya minat membaca adalah faktor eksternal dan internal. Faktor internal yang ada pada kelas V di UPTD SD Negeri Pangolangan 1 adalah kurangnya keinginan siswa untuk membaca dan kurangnya pemahaman siswa terhadap suatu bacaan . Faktor eksternal yang ada di UPTD SD Negeri Pangolangan 1 adalah kurangnya dukungan dari keluarga dan kecanduan handphone saat belajar dirumah. Kata Kunci: analisis, faktor minimnya, minat membaca.. Abstract: This thesis discusses the ability to read and the factor of the lack of interest in reading in class V students of SD Negeri Pangolangan I. This study aims to analyze the factors of the lack of reading in class V students of SD Negeri Pangolangan 1. The object of this research is class V which is conducted at UPTD SD Negeri Pangolangan 1. Data collection techniques used in this study are observation, interviews, and documentation. The research instrument here is the researcher himself using observation sheets and interview sheets. The data analysis technique used is the model of Miles and Humberman, namely data collection, data presentation, drawing conclusions and data reduction. The results of the study showed that in general, out of 26 students in class V, SD Negeri Pangolangan I, there were 9 students who experienced minimal interest in reading. The factors that affect the lack of interest in reading are external and internal factors. The internal factors in class V at UPTD SD Negeri Pangolangan 1 are the lack of students' desire to read and students' lack of understanding of a reading. External factors that exist in the UPTD SD Negeri Pangolangan 1 are the lack of support from the family and addiction to mobile phones while studying at home.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PGSD |
Depositing User: | S.Pd RIFQOH RIFQOH HASANAH |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 04:36 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 04:36 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/2772 |
Actions (login required)
View Item |