PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEMANDIRIAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA UPTD SD BERBELUK 1 AROSBAYA

NURUS SAMSIYATI, NURUS (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEMANDIRIAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA UPTD SD BERBELUK 1 AROSBAYA. STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
ARTIKEL NURUS SAMSIYATI.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui perbedaan pengaruh Problem Based Learning Berbantuan media poster terhadap pemahaman dan kemandirian siswa kelas 6 UPTD SD Berbeluk 1 Arosbaya. Berdasarkan output diperoleh sig 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa menunjukkan adanya perbedaan rata- rata antar subjek penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan poster terhadap Pemahaman dan Kemandirian. Hal ini dibuktikan dengan hasil test soal siswa mengenai bangun ruang yang diproleh berdasarkan output yang telah diuji diperoleh deskripsi data terdapat rata-rata mean pada pre 6,58 sedangkan data post yakni 8,92. Sedangkan Kemandirian berdasarkan output yang telah diuji diperoleh deskripsi data terdapat rata-rata mean pada pretest 49,58 sedangkan data posttest yakni 53,75 .Sehingga terdapat perbedaan pengaruh Problem Based Learning Berbantuan media poster terhadap pemahaman dan kemandirian siswa kelas 6 UPTD SD Berbeluk 1 Arosbaya. Kata Kunci: Problem Based Learning, Pemahaman, Kemandirian

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: S.Pd NURUS NURUS SAMSIYATI
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:10
Last Modified: 04 Sep 2023 07:10
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/2757

Actions (login required)

View Item View Item