Upaya Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa melalui Model PO2E2W

PRATIWI, SISKA and ABDUSSALAM, ABDUSSALAM and Yunita, Hariyani (2022) Upaya Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa melalui Model PO2E2W. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7 (4). pp. 1003-1009. ISSN 2656-6745

[img] Text
Repo Artikel Penelitian Ganjil 22-23.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/i...

Abstract

Keterampilan yang penting untuk dikembangkan di era 4.0 yaitu keterampilan pemecahan masalah (KMP) karena seseorang yang memiliki KMP dapat dengan mudah menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam kehidupannya dan dibutuhkan di segala profesi dan menentukan kesuksesan seseorang di masa depan. Namun hasil observasi pada tes KMP siswa, hanya 20% dari 42 siswa yang mencapai KKM. Penyebabnya yaitu siswa masih merasa kesulitan dalam penggunaan KMP karena belum terbiasa dan latihan pemecahan masalah yang diberikan guru masih terdefinisi dengan jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model PO2E2W dalam meningkatkan KMP siswa dan untuk meningkatan KMP siswa melalui model PO2E2W. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV-B UPTD SDN Kemayoran 1, Bangkalan dan tempat yang digunakan dalam melakukan penelitian yaitu di UPTD SDN Kemayoran 1, Bangkalan, Madura. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi dan tes. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model PO2E2W memperoleh persentase di atas 80% dan KMP siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: M.Pd siska siska pratiwi
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:14
Last Modified: 12 Jan 2023 07:14
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/2607

Actions (login required)

View Item View Item