efektivitas media audio visual terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik drama ayahku pulang di kelas viii smpn 01 burneh Tahun Pelajaran 2017/2018

Faizol, Ahmad (2018) efektivitas media audio visual terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik drama ayahku pulang di kelas viii smpn 01 burneh Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB I OK.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

Faizol, Ahmad. 2018. “efektivitas media audio visual terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik drama ayahku pulang di kelas viii smpn 01 burneh Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing I: Sakrim, M.P.d., Pembimbing II: Buyung Pambudi, M.Si Kata Kunci: Efektivitas, Media Audio Visual, Unsur-Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik. Penilitian ini dilatarbelakangi rendahnya keinginan siswa dalam belajar. Kesulitan belajar siswa karena adanya berbagai masalah yang mengakibatkan siswa merasa bosan. Tujuan untuk penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) efektivitas bagi siswa, (2) respon siswa, (3) hasil belajar siswa sebelum menggunakan media audio visual, (4) hasil belajar siswa setelah menggunakan media audio visual. Untuk itu, tugas guru dalam proses pembelajaran adalah menciptakan suasana belajar lebih aktif, produktif dan efektif. Sehingga pembelajaran di kelas menjadi lebih mudah sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian menggunakan media sebagai salah satu untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada materi drama. Pendekatan ini menggunakan kuantitatif deskriptif untuk penganalisanya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran audio visual dapat dikatakan efektif karena mencapai 2 kategori yaitu: hasil angket respon siswa dengan hasil 79% dalam kategori siswa merasa efektif. Dan yang menjawab respon siswa 84% hasil yang sudah dipresentase dengan sangat baik, hasil belajar siswa sebelum menggunakan media audio visual dengan nilai rata-rata 50, hasil belajar siswa sesudah menggunakan media audio visual hasilnya sangat baik dengan nilai rata-rata 82. Adanya media dalam pembelajaran dapat menambah pengetahuan baru bagi siswa sehingga minat untuk membuat dan menulis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik pada materi drama semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2019 05:22
Last Modified: 20 Feb 2019 05:22
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item