PERUBAHAN PARADIGMA PEMBELAJARAN

Novitasari, Anindita Trinura (2020) PERUBAHAN PARADIGMA PEMBELAJARAN. SEMINAR NASIONAL TEMA STRATEGI INOVASI PENDIDIKAN EKONOMI, ILMU SOSIAL POLITIK, BISNIS DAN ACCOUNTING DI ERA NEW NORMAL.

[img] Text
PERUBAHAN PARADIGMA PEMBELAJARAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebagai bentuk keterlaksanaan bidang pendidikan mengikuti ditetapkannya Work From Home (WFH) oleh pemerintah.Pandemi Covid-19 telah memberikan perubahan baru pada paradiqma pembelajaran. Mengikuti situasi dan konsidi yang terjadi di masa pandemi penggunaan media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran memberikan pengalaman baru bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua dalam mendampingi proses pembelajaran anak berlangsung. Komunikasi yang baik, pengawasan intensif, dan pembimbingan akan menselaraskan anatara guru, siswa, dan orang tua untuk mencapai pembelajaran yang diharapkan. Penggunaan media online berbasis internet dalam pembelajaran ekonomi memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Kelebihan nya dapat mengenal lebih jauh penggunaan teknologi, dapat melaksanakan pembelajaran dari rumah, dan menghindari kerumunan, namun kelemahannya juga ada menyangkut aksesibilitas informasi dan jaringan internet yang sering mengalami kesulitan bagi peserta didik di daerah penunungan atau di daerah terpencil yang mengalami kesulitan dalam mengakses internet, juga adanya dana tambahan untuk mengisi paketan data internet bagi orang tua yang tingkat kesejahteraannya berbeda-beda kelas ekonomi. Pemerintah melalui Kemendikbud memberikan bantuan kuota gratis kepada pemdidik dan peserta didik untuk menunjang keterlaksanaan Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) ini. Kata Kunci : Paradiqma, Pandemi, Teknologi Informasi dan Komunikasi

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: ANINDITA TRINURA NOVITASARI
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:50
Last Modified: 07 Oct 2022 03:50
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/2105

Actions (login required)

View Item View Item