Efektivitas Metode Socretes Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking Pada Materi Fungsi Kelas X SMA Negeri 4 Bangkalan

Mubasir, (2018) Efektivitas Metode Socretes Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking Pada Materi Fungsi Kelas X SMA Negeri 4 Bangkalan. Other thesis, STKIP PGRI BANGAKLAN.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB v.docx

Download (19kB)

Abstract

Mubasir. 2018. Efektivitas Metode Socretes Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking Pada Materi Fungsi Kelas X SMA Negeri 4 Bangkalan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing, : (I) Dr. H. Sunardjo, SH., M. Hum (II) RA. Rica Wijayanti, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran, Metode Socretes, PendekatanMetaphorical Thinking Berdasarkan pengalaman masalah pembelajaran matematika yang sering terjadi adalah tidak ada timbal balik berupa pertanyaan atau tanggapan yang mengajarkan siswa untuk berpikir kreatif dan kritis.Salah satu metode dan pendekatan yang dapat digunakan pada saat kegiatan belajar mengajar yaitu dengan metodeSocretes dengan pendekatan Metaphorical Thinking dimana siswa akan diberikan pertanyan-pertanyaan kritis dan analogi-analogi yang nantinya siswa diharapkan mampu berpikir kritis dan mudah memahami materi pelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktifitas siswa, respon siswa, dan ketuntasan belajar siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif .Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar observasi aktifitas siswa, lembar angket respon siswa, lembar tes hasil belajar (THB). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru mengelola pembelajaran sanagat baik dengan rata – rata skoradalah 3,6;aktivitas siswadikatakan efektif karena 3 aktifitas siswa yang domain sudah sesuai dengan ciri khas metode Socretes dengan pendektanMetaphorical Thinkingdalam pembelajaran, respon siswa menunjukkan hasil yang positif dengan persentase adalah 98%, tes hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan secara klasikal 81%. Berdasarkan analisis data dari keempat indikator diatas maka metodeSocretes dengan pendekatan MetaphoricaalThinking dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2019 03:43
Last Modified: 25 Jan 2019 03:43
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item