Efektivitas Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Perbandingan Di Kelas VII SMP Negeri 2 Sepulu

Lusiana, (2018) Efektivitas Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Perbandingan Di Kelas VII SMP Negeri 2 Sepulu. Other thesis, STKIP PGRI BANGAKLAN.

[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB v.docx

Download (15kB)

Abstract

Lusiana. 2018. Efektivitas Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Perbandingan Di Kelas VII SMP Negeri 2 Sepulu, Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing, : (I) DidikHermanto, M.Pd, (II) RiaFaulina, M.Si. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Model Problem Based Learning, Pendekatan Saintifik. Dalam proses pembelajaran guru dituntut untuk menciptakan proses belajar mengajar yang menarik dan menyenangkan. Salah satu cara agar proses pembelajaran menjadi menarik yaitu guru harus bisa memilih model pembelajaran yang cocok untuk digunakan. Guru disarankan meninggalkan model pembelajaran konvensional dimana pada model konvensional peran siswa sangat minim dan memilih model pembelajaran yang lebih inovatif sehingga mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satu model pembelajaran yang memungkinkan dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan berinovatif siswa adalah model problem based learning dengan pendekatan saintifik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model Problem Based Learningdengan pendekatan saintifik pada materi perbandingan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa dan tes hasil belajar (THB). Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi, metode tes dan metode angket. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kemampuan guru mengelola pembelajaran, analisis data aktivitas siswa, analisis angket respon siswa dan analisis data hasil belajar siswa dan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh skor rata-rata 3,75 berada pada kategori sangat baik, aktivitas siswa berada pada kategori aktif dengan skor rata-rata 3,41, respon siswa menunjukkan hasil yang sangat positif dengan persentase respon siswa 100% dan ketuntasan belajar siswa telah mencapai ketuntasan secara klasikal dengan persentase 81%. Lusiana. 2018. Effectiveness of Problem Based Learning Model with Scientific Approach In Comparison Material In Class VII SMP Negeri 2 Sepulu, Thesis, Mathematics Education Department, Undergraduate Program, STKIP PGRI Bangkalan, Advisors: (I) Didik Hermanto, M.Pd, (II) Ria Faulina, M. Si Keywords: Learning Effectiveness, Problem Based Learning Model, Scientific Approach. In the process of learning, teachers are required to create an interesting and enjoyable teaching and learning process. One way to make the learning process interesting is that teachers should be able to choose a suitable learning model to use. Teachers are advised to abandon the conventional learning model where in the conventional model the role of students is limited and they are expected to choose a more innovative learning model that develops students' critical thinking skills. One of the possible learning models that can develop students' critical and innovative thinking skills is a problem based learning model with a scientific approach. The purpose of this study is to describe the ability of teachers in managing learning, student activities, student responses, and mastery of student learning. This research is descriptive research type. The instrument used in this research is the observation sheet of the ability of the teacher to manage in the learning, student activity observation sheet, student response questionnaire, and the result of learning test sheet (THB). The results of data analysis showed that the ability of teachers in managing learning to get an average score of 3.75 that is in very good category. The student activity is in the active category with an average score of 3.41. Students’ response showed very positive results with percentage 100%, and learning completeness has reached mastery by classical category with the percentage of 81%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2019 03:40
Last Modified: 25 Jan 2019 03:40
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item