Efektivitas Model PembelajaranKooperatifTipe STAD MenggunakanMediaPhETTerhadapMateriAljabar

Anshori, (2018) Efektivitas Model PembelajaranKooperatifTipe STAD MenggunakanMediaPhETTerhadapMateriAljabar. Other thesis, STKIP PGRI BANGAKLAN.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB v.docx

Download (17kB)

Abstract

Anshori. 2018. Efektivitas Model PembelajaranKooperatifTipe STAD MenggunakanMediaPhETTerhadapMateriAljabar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing, : (I) Buaddin Hasan, M.Pd (II) Zainuddin, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran STAD, Media Pembelajaran PhET. Berdasarkan observasi dengan siswa kelas VIII SMP Nurul Yaqin menunjukkan minat belajar siswa tehadap pembelajaran matemtika rendah, sehingga hasil belajar siswa rendah. Hal itu disebabkan karena guru kurang kreatif dalam merencanakan dan melaksanaan pembelajaran. Guru pada umumnya menggunakan model pembelajaran matematika yang monoton, menyebabkan kurang menyenangkan, dan siswa kurang aktif.Model pembelajaran STADmemiliki kelebihan yaitu dapat memungkinkan guru untuk lebih memperhatikan siswa sebagai individu dan kebutuhan belajarnya dan juga para siswa lebih aktif bergabung dalam pelajaran mereka dan mereka lebih aktif dalam diskusi. Sedangkan media pembelajaran PhET memiliki kelebihan yaitu memberikan feedback yang dinamisdan membuat pembelajaran lebih menarik karena siswa dapat belajar sekaligus bermain pada simulasi tersebut.klik dan seret (click and drag), saklar geser dan tombol-tombol.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif karena teknis analisis data yang digunakan menggunakan statistik deskriptif yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum dan generalisasi.Hasil analisis data statistik deskriptif menunjukkan bahwa Kemampuan guru mengelola pembelajaran dikatakan efektif, dikarenakan rata-rata skor tingkat kemampuan guru adalah 3,44 berada dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran efektif, dikarenakan skor rata-rata aktivitas siswa adalah 3,13 berada dalam kategori aktif. Respon siswa menunjukkan positif dengan persentase adalah 97%. Tes hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan secara individu sebanyak 18 siswa dan ketuntasan secara klasikal sebanyak 83%. Berdasarkan analisis data dari keempat indikator di atas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Media PhET dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2019 03:26
Last Modified: 25 Jan 2019 03:26
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item