Penerapan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Dengan Menggunakan Media Tangram Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Aini, Qurrotul (2018) Penerapan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Dengan Menggunakan Media Tangram Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Other thesis, STKIP PGRI BANGAKLAN.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)

Abstract

Aini, Qurrotul, 2018. Penerapan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Dengan Menggunakan Media Tangram Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi, pendidikan matematika, program sarjana, STKIP PGRI Bangkalan. Pembingbing: (1) Dr. H. Sunardjo, SH, M. Hum (II) RA.Rica Wijayanti, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran TAI, Media Tangram. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di MTs AN-NUR Kembang Jeruk, proses pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran yang berpusat pada guru. siswa masih belum aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga proses ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran TAI dengan menggunakan media tangram,sebagai model dan media yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran TAI dengan menggunakan media tangram merupakan model pembelajaran yang berkelompok secara heterogen dan dalam pemberian tugas kelompok digunakan media tangram. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-D MTs AN-NUR pada materi luas & keliling segitiga persegi dan jajar genjang. dengan Model Pembelajaran TAI dan menggunakan Media Tangram. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu 22 siswa kelas VII-D. Intrumen yang digunakan yaitu lembar test hasil belajar, digunakan untuk menentukan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TAI dengan menggunakan media tangram dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari pre test ke post test I meningkat 41% dan post test I ke post test 2 meningkat 45 % sehingga total peningkatan siklus 1 dan siklus 2 sebesar 86% . Aini. Qurrotul. 2018. Application of learning model of TAI (Team Assisted Individualization) By Using Tangram Media To Improve Student Learning Outcomes. Thesis, mathematics education, undergraduate program, STKIP PGRI Bangkalan. Advisor: (1) Dr. H. Sunardjo, SH, M.Hum (II) RA Rica Wijayanti, S.pd, M.pd. Keywords : learning outcomes, TAI learning model, tangram Media. Based on observations made by researchers at MTs AN-NUR Kembang Jeruk, the learning process has an impact on the low student learning outcomes. Therefore, the researcher tried to apply TAI learning model by using tangram media as model and media that can improve student learning result. TAI learning model using media tangram is a heterogeneous group learning model and in giving group assignment used tangram media. This sudy aims to improve student learning outcomes of class VII-D MTs AN-NUR on the material area and circumference triangle square and parallelogram, with model learning TAI and using tangram media. This type of research is classroom action research carried out in two ccles. Each cycle consists of planning, execution, observation and reflection. Subjects in this study were 22 student of class II-D. The instrument used is a test result test sheet, used to determine student learning outcomes. The result of this study indicate that the aplication of TAI learning model by using tangram media can improve the result of student learning. This menin from pre test to post test 1 increased 41% and post test 1 to post test 2 increased 45% so that the total increase of cycle 1 and cycle 2 by 86%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2019 08:11
Last Modified: 23 Jan 2019 08:11
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item