Efektivitas model Pembelajaran Penemuan terbimbing (Guided Discovery) pada materi luas permukaan dan volume balok di MTs Al Jauhariyah

Fatima, nurul (2018) Efektivitas model Pembelajaran Penemuan terbimbing (Guided Discovery) pada materi luas permukaan dan volume balok di MTs Al Jauhariyah. Other thesis, STKIP PGRI BANGAKLAN.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Fatima. 2018. Efektivitas model Pembelajaran Penemuan terbimbing (Guided Discovery) pada materi luas permukaan dan volume balok di MTs Al Jauhariyah.Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing, : (I) Mety Liesdiani, S.kom., M.MSI (II) Hefy Rusnita Dewi,SP,M.Pd Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran, Model penemuan terbimbing (Guided Discovery) Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru matematika MTs Al jauhariyahbanyuatesmenyatakan siswa pasif dalam proses pembelajaran matematika, hanya beberapa siswa yang aktif dalam pembelajaran matemtika, sehingga ketuntasan belajar siswa rendah. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa siswa belum memenuhi KKM.Salah satu model yang dapat digunakan pada saat kegiatan belajar mengajar yaitu dengan model Penemuan terbimbing (Guided Discovery) dimana siswa akan dibimbing untuk menemukan jawaban dengan sendirinya, sehingga siswa dapat memahami materi pelajaran dengan baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktifitas siswa, respon siswa, dan ketuntasan belajar siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif .Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar observasi aktifitas siswa, lembar angket respon siswa, lembar tes hasil belajar (THB). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru mengelola pembelajaran sangat baik dengan rata – rata skoradalah 4,71,Aktivitas siswa berada dalam kategori baik sekali dengan skor rat-rata 92,5%, respon siswa menunjukkan hasil yangsangat positif dengan persentase adalah 79%, tes hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan secara klasikal 70%. Berdasarkan analisis data dari keempat indikator diatas maka model penemuan terbimbing (Guided Discovery) dapat dikatakan efektif. Nurul Fatima. 2018. The Effectiveness of Guided Discovery Learning Model on Surface and Beam Volume Material in MTs Al Jauhariyah. Thesis, Mathematics Education Department, Undergraduate Program, STKIP PGRIBangkalan. Counselor,: (I) Mety Liesdiani, S.kom., M.MSI (II) Hefy Rusnita Dewi, SP, M.Pd. Keywords: Effectiveness of Learning, Guided Discovery Model (Guided Discovery) Based on the results of interviews conducted with mathematics teachers of MTs Al Jauhariyah Banyuates, it was seen that the students appeared passive in the process of learning mathematics, only some students are so that students' learning mastery is low. This is indicated by some students not fulfilling KKM (Criteria of Success Score). One of the models that can be used at the time of teaching and learning activities is Guided Discovery model where students will be guided to find answers by itself, so that students can understand the subject matter well. The purpose of this study is to describe the ability of teachers in managing learning, student activities, student responses, and mastery of student learning. This research type includes quantitative descriptive research. The instruments used in this research are observation sheet of teacher's ability to manage learning, student activity observation sheet, student response questionnaire, and learning result test sheet (THB). The results of data analysis showed that the ability of teachers to manage learning is very good with the average score of 4.71. Students’ activity is in good category with the mean score of 92.5%. Students’ response shows very positive result with the percentage of 79%. Test result of student learning has reached the mastery of 70% (classical). Based on the data analysis of the four indicators above, Guided Discovery model can be considered effective.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2019 08:08
Last Modified: 23 Jan 2019 08:08
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item