UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TUTOR SEBAYA

AINI, NUR (2022) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TUTOR SEBAYA. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
artikel aini.pdf

Download (614kB)

Abstract

Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Tutor Sebaya adalah proses pembelajaran yang dibantu oleh teman sebaya agar supaya memberi kesempatan kepada siswa untuk aktif belajar bisa juga dikatakan bahwasannya pembelajaran tutor sebaya ini dimana siswa yang aktif dan memahami materi yang telah diberi oleh guru untuk memberi tahu teman sebayanya yang masih belum mengerti atau memahami materi yang diberikan. Hal-hal yang mendasari penelitian ini yaitu karena dalam proses bela jar mengajar siswa masih kurang aktif, dan terkadang ada yang bermain-main sendiri didalam kelas. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode kooperatif tutor sebaya dalam proses belaajr mengajar agar siswa lebih aktif dalam memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-MM yang diajari menggunakan metode kooperatif tutor sebaya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel SMK AL-FADLALY PROBUNGAN KLAMPIS. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu pretest dan post-test . Sementara itu, teknik analisis data menggunakan analisis data hasil belajar. Penerapan metode pembelajaran kooperatif tutor sebaya pada siklus I dan siklus II sesuai dengan tahapan-tahapan yang terdapat dalam RPP dan telah dilaksanakan dengan baik, serta memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil nilai tes. Hasil belaajr pada siklus I dan siklus II, dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 15 orang siswa atau 55% dari jumlah siswa keseluruhan. Sedangkan ssiwa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 10 orang siswa atau 45% dari jumlah siswa keseluruhan. Pada siklus II diketahui siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 25 orang siswa atau 100% dari jumlah siswa keseluruhan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode kooperatif tutor sebaya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-MM SMK ALFADLALY PROBUNGAN KLAMPIS tahun ajaran 2022/2023 Kata-kata kunci : Metode Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya pada materi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: NUR AINI
Date Deposited: 14 Sep 2022 07:26
Last Modified: 14 Sep 2022 07:26
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1888

Actions (login required)

View Item View Item