PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X MA MAMBAUL ULUM DESA BIRA TIMUR KECAMATAN SOKOBANAH KABUPATEN SAMPANG

SANNURI, SANNURI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X MA MAMBAUL ULUM DESA BIRA TIMUR KECAMATAN SOKOBANAH KABUPATEN SAMPANG. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Artikel Sannuri_1822211062_Ekonomi_2022.pdf

Download (919kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran game edukasi berbasis komputer yang layak, praktis dan efektif digunakan dalam belajar mengajar untuk kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Mambaul Ulum Desa Bira Timur Kecamatan Sokobanah Kabupaten Sampang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi para ahli dan angket praktisi lapangan (guru dan siswa). lembar validasi para ahli dinilai oleh ahli materi dan ahli media tujuannya untuk mengetahui sejauh mana kualitas kelayakan media pembelajaran game edukasi berbasis komputer untuk di uji coba dilapangan. Pemberian angket praktisi lapangan (guru dan siswa) tujuannya untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran game edukasi berbasis komputer. Kelayakan media ini ditunjukkan dari hasil penilaian ahli materi dengan skor rata-rata sebesar 2,6 dengan kategori layak. Penilaian ahli media dengan skor rata-rata sebesar 3,55 dengan kategori sangat layak. Penilaian praktisi lapangan (guru) dengan skor rata-rata 3,0 dengan kategori sangat layak. Penilaian praktisi lapangan (siswa) dengan skor rata-rata sebesar 3,8 dengan kategori sangat layak. Bedasarkan hasil penilaian dari ahli materi, ahli media dan praktisi lapangan(guru dan siswa) maka pengembangan media pembelajaran game edukasi berbasis komputer dinyatakan layak, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran ekonomi. Kata Kunci : Media pembelajaran, game edukasi, komputer, pengembangan model ADDIE.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: SANNURI
Date Deposited: 14 Sep 2022 05:30
Last Modified: 14 Sep 2022 05:30
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1884

Actions (login required)

View Item View Item