EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMEN (TGT) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Komariyah, Nurul (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMEN (TGT) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
ARTK. NURUL.pdf

Download (507kB)

Abstract

Model pembelajaran teams game tournament (TGT) adalah suatu aktivitas pembelajaran yang didalamnya terdapat cara belajar bersama dalam suatu kelompok kecil (teams), permainan untuk menyelesaikan suatu permasalahan (game), serta (tournament) atau pertandingan yang dilakukan diakhir pembela jaran. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefktivan model pembelajaran teams game tournament (TGT) terhadap kemampuan berpikir kritis. jenis jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes (pretest dan post-test). Hasil dari Penelitian ini di deskripsikan sebagai berikut : (1) Tes sebelum diberi perlakuan mendapatkan nilai rata rata 50,9 dengan nilai terendah 24 dan nilai tertinggi 76. setelah diberi perlakuan mendapatkan nilai rata rata 90,67 dengan nilai terendah 76 dan nilai tertinggi 100. (2) Angket respon siswa berada pada katagori positif dengan nilai rata-rata 3,5. (3) observasi aktivitas siswa berada pada katagori sangat baik dengan nilai rata-rata 3,7. (4) keterlaksanaan RPP berada pada katagori sangat baik dengan nilai rata-rata 3,4. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan medel teams game tournament (TGT) terhadap kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: efektivitas penerapan model pembelajaran teams game tournament (TGT), berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PPKN
Depositing User: NURUL KOMARIYAH
Date Deposited: 14 Sep 2022 05:05
Last Modified: 14 Sep 2022 05:05
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1878

Actions (login required)

View Item View Item