THE USE OF SILENT CARTOON MOVIE”CHOM ANIMATION”ON STUDENTS’ WRITING SKILL IN NARRATIVE TEXT

NURAINI, NURAINI (2022) THE USE OF SILENT CARTOON MOVIE”CHOM ANIMATION”ON STUDENTS’ WRITING SKILL IN NARRATIVE TEXT. THE USE OF SILENT CARTOON MOVIE”CHOM ANIMATION”ON STUDENTS’ WRITING SKILL IN NARRATIVE TEXT.

[img] Text
ARTIKEL NURAINI 1835511023 WISUDA 35.pdf

Download (465kB)

Abstract

ABSTRAK Nuraini. (2022). “The Use Of Silent Cartoon Movie ”Chom Animation” On Students’ Writing Skill In Narrative Thesis, English Department, Graduate Program, STKIP PGRI Bangkalan. Advisor: (I)Moh. Arief Wahyudi, M.Pd. and (II) Mariyatul Kiptiyah M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XI SMAN 1 Tanjungbumi dengan menggunakan film kartun bisu “Chom Animation” sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menemukan dan membuktikan bahwa penggunaan media ini dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus yaitu suatu proses penelitian dimana peneliti mendapatkan secara sistematis, faktual dan akurat atas informasi yang sebenarnya tentang fakta dan fenomena yang terjadi. Peneliti dan guru juga berperan dalam proses penelitian ini untuk mengetahui proses belajar mengajar menggunakan media ini dan juga kelemahan dalam proses pembelajaran menulis. peneliti menggunakan 2 instrumen untuk mengumpulkan data, yaitu observasi dan wawancara. Peneliti melakukan 2 observasi karena pada observasi pertama tulisan siswa belum berhasil untuk tujuan penelitian ini. Guru bahasa Inggris dan 3 siswa menjadi objek wawancara ini. Pengamatan kedua menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa meningkat setelah melihat film kartun bisu “Chom Animation”. Ditemukan juga bahwa menonton film kartun lebih mungkin membantu mereka meningkatkan bahasa Inggris mereka. Siswa terus meningkatkan keterampilan menulis mereka dalam menemukan lebih banyak kata bahasa Inggris dengan menggunakan kartun sebagai media. Indikator keberhasilan pelaksanaan adalah: (1) siswa lebih menikmati proses pembelajaran dan (2) keterampilan menulis siswa meningkat. Selain itu, temuan ini juga didukung dengan hasil tulisan siswa setelah melihat film kartun bisu. Kata kunci:, film kartun, teks naratif, keterampilan menulis

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Depositing User: NURAINI
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:27
Last Modified: 14 Sep 2022 03:27
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1870

Actions (login required)

View Item View Item