Analisis Dan Scaffolding Kesulitan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ruang Di SMP Negeri 1 Bangkalan

Yanti, Yulita (2018) Analisis Dan Scaffolding Kesulitan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ruang Di SMP Negeri 1 Bangkalan. Other thesis, STKIP PGRI BANGAKLAN.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB 1.doc

Download (79kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (33kB)

Abstract

Yulita, Yanti 2018. Analisis Dan Scaffolding Kesulitan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ruang Di SMP Negeri 1 Bangkalan, Matematika, Program Sarjana STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing: (I)Buaddin Hasan, M.Pd. (II) Nur Aini S, M.Si. Kata Kunci :Kesulitan siswa, Scaffolding, Soal cerita matematika. Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang menunjang kehidupan manusia. Banyak sekali permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan matematika. Materi luas permukaan bangun ruang limas merupakan satu dari beberapa materi matematika yang banyak penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran di sekolah, soal-soal yang memuat materi tersebut, biasanya diwujudkan dalam bentuk soal cerita.Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi luas permukaan bangun ruang limas dan memberikan bantuan yang sesuai dengan tingkat kesulitan yang dihadapinya menggunakan scaffolding. Pemberian scaffolding dalam penelitian ini mengacup ada scaffolding yang dikemukakan oleh Anghileri (2006). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditandai adanya kesalahan pada proses penyelesaian. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode wawancara. Data penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita diantaranya, yaitu: (1) tidak mampu menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan, (2) tidak mampu menuliskan rumus matematika secara benar, (3) tidak mampu menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah dengan benar, (4) tidak mampu menggunakan operasi dan perhitungan dengan benar, dan (5) tidak melakukan pengecekan terhadap hasil pekerjaannya, (6) tidak mampu dalam menyimpulkan jawaban. Scaffolding yang diberikan diantaranya, adalah: (1) reviewing :meminta siswa membaca soal kembali, (2) explaining: memberikan gambaran masalah atau petunjuk pada proses penyelesaian masalah, (3) restructuring : melakukan Tanyajawab untuk mengarahkan siswa kejawaban yang benar. Yulita, Yanti 2018. Analysis and Scaffolding on Students’ Difficulties at the Eight Grade in Solving the Space of Geometryat SMP Negeri 1 Bangkalan, Mathematics Department, Bachelo rDegree Program, STKIP PGRI Bangkalan. Advisors : (I) Buaddin Hasan, M.pd. (II) Nur Aini S, M.Si. Keywords: Students’ difficulties, Scaffolding, Mathematics Stories. Math is a lesson that supports human life. Most of problems in everyday life can be solved through math. The widespread surface material of the pyramid space is one of the many mathematical materialsthatare applicablein everyday life. In schools’ education, the issues that discuss the material, usually manifested in the form of a story. This research aims atdescribe theanalysis of students' difficulties in the problem that is discussing aboutpyramid space and provide assistance in accordance with the level of difficulty faced by using scaffolding. Scaffolding of this study refers to the scaffolds proposed by Anghileri (2006). Students’ difficulties of in completing the story are marked by an error in the completion of the settlement. This research uses qualitative design with data collecting technique using test and interview method. The research data indicates that there are problems in certain situations, namely: (1) unable to determine what is done and asked, (2) unable to write the mathematics correctly,(3) unableto use the steps of the solve problems correctly, (4) unable to use operation and calculation correctly, (5) not checking the result of his or her work and (6) unable conluding the answer. The scaffoldingstagesgiven by the researcher are: (1) reviewing: asking students to reading more, (2) explaining: providing an overview of the problems or guidance the problems solving and (3) restructuring: answeringquestion and answer to direct students to the correct answer.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2019 04:56
Last Modified: 23 Jan 2019 04:56
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/184

Actions (login required)

View Item View Item