KORELASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PPKN TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS X DI SMA AL-MURSYIDIYAH BANGKALAN

Jannah, Masrurotul (2022) KORELASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PPKN TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS X DI SMA AL-MURSYIDIYAH BANGKALAN. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
MASRUROTUL J-1823311004-PPKn-2018.pdf

Download (253kB)

Abstract

Kompetensi guru merupakan modal utama bagi guru untuk melaksanakan profesinya, karena kompetensi yang tinggi akan menghasilkan output yang baik. Guru yang professional memiliki empat kompetensi, Dari empat kompetensi merupakan dorongan untuk menjadi guru profesional yang menanamkan sikap nasionalisme siswa yang meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air. Penelitian ini untuk mengetahui korelasi kompetensi professional guru PPKn terhadap sikap nasionalisme siswa. Penelitian ini di laksanaakan di kls X SMA Al-Mursyidiyah Bangkalan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Hasil penelitian ini di deskripsikan sesbagai berikut: (1) angket kompetensi professional guru PPKn mencapai jumlah 2.231 dengan nilai tertinggi 92, nilai terendah 67, dan rata 74,36 dengan skor 7,7. Maka diketahui kompetensi professional guru PPKn termasuk katagori baik. (2) angket sikap nasionalisme siswa mencapai jumlah 842 dengan nilai tertinggi 31 yang menunjukkan bahwa siswa yang ada di sekolah mempunyai sikap nasionalisme yang baik, nilai terendah 25, dan nilai rata-rata 28, dengan skor 4,22 sehingga dapat diketahui sikap nasionalisme siswa termasuk katagori sedang. (3 Dengan nilai koefesien 86 hubungan kompetensi professional guru PPKn terhadap sikap nasionalisme siswa sangat kuat. Kata kunci: kompetensi, professional guru PPKn, sikap nasionalisme siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: MASRUROTUL JANNAH
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:05
Last Modified: 12 Sep 2022 08:05
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1794

Actions (login required)

View Item View Item