PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI UPTD SD PANGERANAN 01

HASIP ABDUL, HILMIA WIWIK (2022) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI UPTD SD PANGERANAN 01. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
WIWIK HILMIA_1848811038 PGSD.pdf

Download (229kB)

Abstract

Wiwik Hilmia. 2022. Pengaruh Metode Problem Solving dengan Media Gambar terhadap Kemandirian dan Pemahaman Siswa kelas V dalam Pembelajaran IPA kelas V di UPTD SD Pangeranan o1. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing: (I) Zainal Arifin, M.Pd, dan (II) Yunita Hariyani, M.I.Kom Kata-kata kunci: Metode Problem Solving Dengan Media Gambar Maetode Problem Solving adalah suatu cara menyajikan pelajaran dengan mendorong siswa untuk memecahkan suatu masalah atau persoalan dalam rangka pencapaian tujuan kegiatan belajar mengajar. Pada kegiatan problem solving ini memiliki syarat agar pelajar melihat kembali beberapa aturan yang lebih sederhana yang telah mereka pelajari sebelumnya. Sedangkan media gambar adalah suatu bentuk visual yang digunakan dalam proses pembelajaran dan diharapkan media gambar ini dapat memberikan motivasi sehingga dapat meningkatkan tingkat pemahaman dan kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pre-eksperimental design jenis on-group pretest-postest design. Artinya, menggunakan tes awal dan tes akhir untuk mengetahui kemampuan awal siswa terkait dengan materi yang disampaikan, sedangkan posttest merupakan evaluasi akhir pembelajaran dan penelitian ini menggunakan uji manova untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode problem solving dengan media gambar terhadap pemahaman dan kemandirian siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode prolem solving dengan menggunakan media gambar terhadap pemahaman dan kemandirian siswa kelas V di UPTD SD Pangeranan 01 Bangkalan dimana hasil uji manova penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,486 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran Problem Solving dengan media gambar terhadap pemahaman dan kemandirian siswa UPTD SDN Pangeranan 1 Bangkalan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: WIWIK HILMIA
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:42
Last Modified: 12 Sep 2022 03:42
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1730

Actions (login required)

View Item View Item