PENGARUH KONSEP DIRI, KEMANDIRIAN, MOTIVASI, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII IPS DI SMAS ISLAM YKHS SEPULU

FAHIROH, DURROTUN (2022) PENGARUH KONSEP DIRI, KEMANDIRIAN, MOTIVASI, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII IPS DI SMAS ISLAM YKHS SEPULU. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Durrotun Fahiroh_1822211016_Wisuda ke 35.pdf

Download (318kB)

Abstract

Kata kunci : Konsep diri, Kemandirian, Motivasi, dan Lingkungan belajar Pendidikan memiliki pengaruh yang sangat besar bagi negara berkembang, terutama dalam urusan untuk mempersiapkan tenaga kerja yang terlatih dan mampu khususnya tenaga dalam sektor pembangunan. Selain itu majunya pendidikan disuatu negara nantinya akan dilanjutkan atau di wariskan ke generasi-generasi selanjutnya Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Yang artinya, penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan, menganalisis, mencari hubungan sebuah fenomena dan aktifitas sosial, gejala sosial yang ada di masyarakat. Dengan jumlah responden seluruh siswa kelas XII IPS di SMAS Islam Ykhs Sepulu yang berjumlah 28 responden. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (X1) konsep diri thitung 3,206 > nilai ttabel 2,068 maka H1 diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang positif konsep diri terhadap prestasi belajar. (X2) Kemandirian nilai thitung 3,538 > nilai ttabel 2,068 maka H2 diterima dan Ho ditolak. Yang artinya terdapat pengaruh yang positif kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. (X3) Motivasi nilai thitung 2,392 > nilai ttabel 2,068 maka H3 diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat positif motivasi terhadap prestasi belajar. (X4) Lingkungan belajar nilai thitung 2,396 > nilai ttabel 2,068 maka H4 diterima Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang positif lingkungan belajar tehadap prestasi belajar. nilai F didapat Fhitung 4,015 > Ftabel 2,78. Yang artinya terdapat pengaruh secara simultan antara variabel Konsep diri (X1), Kemandirian (X2), Motivasi (X3), lingkungan belajar (X4) terhadap Prestasi belajar (Y)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: DURROTUN FAHIROH
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:23
Last Modified: 09 Sep 2022 03:23
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1701

Actions (login required)

View Item View Item