PENGARUH REWARD DAN ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MI RAUDLATUL JANNAH PAKAAN DAJAH GALIS BANGKALAN

Qodriyah, Lailatul (2022) PENGARUH REWARD DAN ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MI RAUDLATUL JANNAH PAKAAN DAJAH GALIS BANGKALAN. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
ARTIKEL LAILA.docx

Download (45kB)

Abstract

ABSTRAK Qodriyah, Lailatul 2022. Pengaruh Reward dan Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa kelas V di MI Raudlatul Jannah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing:(I) Yunita Hariyani, M.I.Kom, dan (II) Rendra Sakbana Kusuma, M.Pd. Kata Kunci: Reward, Ice Breaking, dan Minat Belajar Landasan dunia pendidikan adalah instruksi yang ketat dan menantang.Reward adalah satu-satunya metode yang dimiliki guru untuk memuji siswa atau menghargai siswa yang sudah mengerjakan tugasnya. Reward dapat diberikan dengan berbagai cara, seperti dalam bentuk surat, acungan, tanda penghargaan dari penerima, atau benda yang dibuat khusus.Ice breaker adalah salah satu kegiatan yang mengalihkan perhatian situasi stres, membosankan, mengantuk, membuat siswa bahagia, bersemangat, santai dan membuat siswa tidak mengantuk. Ini mencairkan dan mendorong lingkungan belajar dan memungkinkan siswa untuk belajar lebih aktif dalam prosesnya. Minat belajar merupakan dorongan dirinya sendiri untuk tertarik padanya dan melakukan sesuatu yang dapat membuatnya bahagia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah reward dan ice breaking berdampak pada minat siswa dalam matematika.Survei kuantitatif dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data angket dengan 15 siswa kelas V sebagai responden MI Raudlatul Jannah. Penelitian ini menggunakan validasi, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, dan analisis regresi berganda dengan menggunakan IBM SPSSStatistic21. Angket reward, ice breaking dan angket minat belaajr digunakan untuk pengambilan data siswa.Uji regresi berganda ice breaking reward minat belajar siswa menunjukkan nilai signifikansi 0,285 < 0,05 dan dapat diartikan menolak hipotesis. Artinya tidak berpengaruh. Hal ini menunjukkan bahwa icebreaker dan reward memiliki pengaruh yang kecil terhadap keinginan siswa untuk belajar matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: LAILATUL QODRIYAH
Date Deposited: 12 Sep 2022 05:46
Last Modified: 12 Sep 2022 05:46
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1700

Actions (login required)

View Item View Item