Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Al-Falah Buluh Dakiring, Kecamatan Socah

LATIF, ABDUL (2022) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Al-Falah Buluh Dakiring, Kecamatan Socah. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Artikel Abdul Latif_1822211005_Pendidikan ekoonomi.pdf

Download (618kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di buat untuk menganalisis kondisi sosial ekonomi orang tua, lingkungan teman sebaya, prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Al-Falah Buluh Dakiring, Kecamatan Socah. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik total sampling, dan tes yang di gunakan yaitu menggunakan kuesioner atau angket sehingga dalam penelitian ini semua populasi dan sampel di ambil keseluruhan yang berjumlah 38 siswa atau responden. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t hitung kondisi sosial ekonomi orang tua memperoleh hasil sebesar : 13.340 ≥ 2.030, sehingga t hitung ≥ t tabel sebesar 13.340 ≥ t tabel 2.030, maka Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat di simpulkan bahwa variabel kondisi sosial ekonomi orang tua (X1) berpengaruh positif signifikan dan nilai sig 0,000 ≤ 0,05 secara parsial terhadap variabel prestasi belajar (Y). Nilai t hitung pada variabel lingkungan teman sebaya (X2) memperoleh hasil t hitung sebesar 3.021 ≥ 2.030 t tabel sehingga t hitung ≥ t tabel sebesar 3.021 ≥ 2.030, maka Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat di simpulkan bahwa variabel lingkungan teman sebaya berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar dan nilai sig 0,000 ≤ 0,05 secara parsial terhadap variabel prestasi belajar (Y). Sedangkan pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua (X1) dan lingkungan teman sebaya (X2) dari hasil uji f (simultan) menunjukkan bahwa pada penelitian ini memperoleh hasil uji f hitung 174.583 ≥ 3.026 dengan nilai signifikan sebesar 0.000 ≤ 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel bebas kondisi sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap variabel terikat prestasi belajar. Kata Kunci : kondisi sosial ekonomi orang tua, lingkungan teman sebaya, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: ABDUL LATIF
Date Deposited: 08 Sep 2022 05:01
Last Modified: 08 Sep 2022 05:01
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1693

Actions (login required)

View Item View Item