PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS IV UPTD SDN TUNJUNG 01 BURNEH BANGKALAN

ULYA, WIQAYATUL (2022) PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS IV UPTD SDN TUNJUNG 01 BURNEH BANGKALAN. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
artikel-Wiqayatul ulya-1848811037.docx

Download (96kB)

Abstract

ABSTRAK Ulya, Wiqayatul, 2022. Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas IV di UPTD SDN Tunjung 01 Burneh, Bangkalan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing (I) Rendra Sakbana Kusuma, M.Pd dan Pembimbing (II) Miranti Widi Andriani, M.Pd Kata-kata kunci: Peran Orang Tua dan Pembelajaran Daring Penelitin ini merupakan Latar belakang dari adanya penyebaran virus covid- 19 di seruluh dinia, sehingga dalam bidang pendidikan terdampak adanya virus tersebut. Maka pembelajaran sementara di alihkan pada pembelajaran daring yang dilakuka di rumah, yang awalnya pembelajaran tatap muka yang di lakukan di sekolah sekarang melakukan pembelajaran di rumah secara online. Sehingga dalam keadaan ini sebagai orang tua sangatlah berperan penting baik ayah maupun ibu sebagai orang tua dalam mendapingin dan mendidik anak. Beberapa orang tua juga mengalami beberapa kendala yang di alami salah satunya yaitu mengenai kuota internet yang dinperlukan untuk pemeblajaran daring yang berlangsung, kurangnya waktu orang tua dalam mendampingi dan mendidik anak saat pembelajaran berlangsung karena orang tua harus bekerja. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis Peran Orang Tua dalam Pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 dan untuk mengetahui kendala apa saja yang di hadapi orang tua dalam mendampingi anak pada pembelajaran daring, dan apa saja solusi yang di lakukan oleh orang tua pada pembelajaran daring berlangsung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Yaitu dengan cara atau teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui peran penting orang tua dalampemebelajaran daring yang berlangsung dimana penulis bertindak sebagai pewawancra yang di lakukan langsung untuk mengumpulkan data melalui orang tua dari siswa kelas IV. Ada empat tahap dalam pengumpulan data yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan kesimpulan menggunakan teknik validasi data menggunakan trigulasi sumber. Hasil dari penelitian yang menunjukkan beberapa peran orang tua sebagai berikut sebagai tujuan orang tua dalam pembelajaran online yaitu (1) sebagai pendidik atau pembimbing sekalig

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: WIQAYATUL ULYA
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:12
Last Modified: 12 Sep 2022 02:12
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1681

Actions (login required)

View Item View Item