PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING DAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN KRATON 2 BANGKALAN

IZZAH MAGHFIROH, NURUL (2022) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING DAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN KRATON 2 BANGKALAN. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Nurul Izzah_1848811022_PGSD.doc

Download (214kB)

Abstract

Maghfiroh,Nurul Izzah. 2022. Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN Kraton 2 Bangkalan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing: (I) Miranti Widi Andriani, M.Pd (II) Ihwan Firmansyah, M.Pd. Kata-kata kunci: cooperative learning,metode demonstrasi,hasil belajar IPA. ​ Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah terdapat pengaruh model cooperative learning dan metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SDN Kraton 2 Bangkalan. Penelitian mempergunakan metode pendekatan kuantitatif dengan gaya penelitian true experiment design. Pengambilan sampel mempergunakan teknik jenuh sampling. Tujuan dan pertimbangan pengambilan subjek/ sampel tersebut yaitu siswa Kelas 5 SDN Kraton 2 Bangkalan tahun ajaran 2021/2022 sejumlah 37 anak meliputi 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan soal test dengan pemberian pretest posttest. Adapun teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji realibilitas,uji koefisien determinasi dan uji one sample test(uji T). Penelitian ini menghasilkan bahwa model cooperative learning dan metode demonstrasi berpengaruh pada hasil belajar IPA siswa kelas 5 SDN Kraton 2 Bangkalan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: NURUL IZZAH MAGHFIROH
Date Deposited: 12 Sep 2022 06:06
Last Modified: 12 Sep 2022 06:06
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1656

Actions (login required)

View Item View Item