PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN TALKING STICK TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA DI UPTD SDN LANGKAP 02

Maharani, Desy Rosmita (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN TALKING STICK TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA DI UPTD SDN LANGKAP 02. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI.doc

Download (188kB)

Abstract

ABSTRAK Maharani, Desy Rosmita 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament dan Talking Stick terhadap Kemandirian dan Pemahaman Belajar Siswa di UPTD SDN Langkap 02. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing (I) Ihwan Firmansyah, M.Pd dan (II) Zainal Arifin, M.Pd. Kata-kata kunci : TGT, Talking Stick, Kemandirian, Pemahaman. Model pembelajaran Team Games Tournament adalah model pembelajaran yang menggunakan media kartu bernomor dan model pembelajaran Talking Stick adalah model pembelajaran yang menggunakan bantuan media tongkat. Salah satu model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa sehingga dapat meningkatkan semangat belajarnya yaitu model pembelajaran Teams Games Tournament dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap kemandirian dan pemahaman belajar siswa, 2). Mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap kemandirian dan pemahaman belajar siswa, 3). Mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament dan Talking Stick terhadap kemandirian dan pemahaman belajar siswa di UPTD SDN Langkap 02. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experimental design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang tidak dipilih secara random yaitu kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Kemudian akan diberikan pretest dan posttest digunakan untuk mengetahui pengetahuan awal apakah terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada hasil penelitian 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap kemandirian dan pemahaman belajar siswa karena diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh pada model pembelajaran Talking Stick terhadap kemandirian dan pemahaman belajar siswa karena diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. 3) Tidak ada perbedaan signifikan pada nilai rata-rata kemandirian belajar siswa kelas TGT dan kelas Talking Stick karena diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,115 > 0,05 tetapi ada perbedaan signifikan pada nilai rata-rata pemahaman belajar siswa kelas TGT dan Talking Stick karena diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,003 < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: DESY ROSMITA MAHARANI
Date Deposited: 07 Sep 2022 06:37
Last Modified: 07 Sep 2022 06:37
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1651

Actions (login required)

View Item View Item