ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS V DI MI-ALFURQON TANAH MERAH

jannah uslifatul, Uslifah (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS V DI MI-ALFURQON TANAH MERAH. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS V DI MI-ALFURQON TANAH MERAH.

[img] Text
uslifatul jannah_1848811033_pendidikan guru sekolah dasar.docx

Download (62kB)

Abstract

ABSTRAK Jannah, Uslifatul. 2022. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Bilangan Bulat pada Siswa Kelas V Di MI Al-furqon Tanah Merah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing: (I) Zainal Arifin, M.pd, dan (II) Yunita Hariyani, M.I. Kom kata kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita Bilangan Bulat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita bilangan bulat di MI AL-Furqon Tanah Merah, Dalam penelitian ini siswa diberikan sebuah angket dan wawancara kemudian dianalisis. sehingga dapat mengetahui apa saja kesalahan siswa dalam soal cerita materi bilangan bulat. Diperoleh simpulan jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik saat mengerjakan soal, tidak ada peserta didik yang melakukan jenis kesalahan membaca. Kesalahan peserta didik pada saat mengerjakan soal cerita matematika mereka tidak paham dalam kalimat dan kata kunci dari soal tersebut. Peserta didik juga mengalami kesalahan dalam mengaitkan soal tersebut dengan konsep rumus sehingga peserta didik susah untuk membuat bentuk penyelesaiannya. Berikut yakni kesalahan keterampilan proses disebabkan siswa belum mahir dengan perhitungan dalam bentuk soal cerita matematika bilangan bulat. Selain itu banyak juga yang kurang terlatih berhitung sehingga siswa malas menyelesaikan operasi hitungan dengan angka yang besar, sekalipun itu hitungan yang sederhana seperti perkalian dan pembagian. Siswa juga melakukan kesalahan dalam menyimpulkan menunjukkan siswa belum bisa memberikan jawaban akhir sesuai yang ditanyakan soal. Berikutnya berdasarkan wawancara diketahui siswa diketahui siswa juga kurang motivasi dalam belajar berhitung. Pada motivasi ini ada juga siswa yang tidak mengerjakan soal sama sekali pada intinya mereka tidak siap dan enggan untuk berusaha membaca, memahami, dan menyelesaikan apa lagi menjawab dengan proses rurmus yang sudah ada.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: PGSD
Depositing User: USLIFATUL JANNAH
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:44
Last Modified: 08 Sep 2022 03:44
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1609

Actions (login required)

View Item View Item