PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV DI SDN KRATON 2 BANGKALAN

NURHAYATI, NURHAYATI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV DI SDN KRATON 2 BANGKALAN. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Nurhayati_1748811023_Pendidikan Guru Sekolah Dasar_2022.docx.doc

Download (140kB)

Abstract

Nurhayati. 2022. Pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick dan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Di SDN Kraton 2 Bangkalan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing: (I) Zainal Arifin, M.Pd, dan (II) Yunita Hariyani, M.I.Kom Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Stick dan Snowball Throwing, Hasil Belajar IPA Model pembelajaran adalah suatu alat bantu guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa sehingga dapat mempermudah proses pembelajarannya. Model pembelajaran itu sendiri merupakan sesuatu yang akan digunakan untuk menyampaikan sebuah pembelajaran, sehingga dapat mengembangkan hasil belajar siswa yang sedang melaksanakan proses pembelajaran agar mencapai maksud dan tujuan belajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat meningkatkan semangat belajarnya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dan snowball trhrowing. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pre-eksperimental design jenis on-group pretest-posttest design. Pretest ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa terkait dengan materi yang telah disampaikan, sementara posttest ini yaitu bentuk dari evaluasi pada saat akhir proses pembelajaran dan penelitian ini menggunakan uji regresi bergana untuk mengetahui apakah ada pengaruh dalam penggunaaan Model Pembelajaran Talking Stick dan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Di UPTD SDN Kraton 2 Bangkalan. Berdasarkan hasil penelitian dalam uji Regrsi berganda terdapat nilai sebesar 0.867 > 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Talking Stick dan Snowball Throwing berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas 4a dan 4b di UPTD SDN Kraton 2 Bangkalan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: NURHAYATI
Date Deposited: 05 Sep 2022 08:01
Last Modified: 05 Sep 2022 08:01
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1608

Actions (login required)

View Item View Item