PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN 'PROBLEM BASED LEARNING' PADA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV UPTD SDN KRATON 2 BANGKALAN

Mulya Ramadhani, Karbella (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN 'PROBLEM BASED LEARNING' PADA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV UPTD SDN KRATON 2 BANGKALAN. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Karbella Mulya Ramadhani_1848811015_Pendidikan Guru Sekolah Dasar_2022.doc

Download (156kB)

Abstract

Ramadhani, Karbella Mulya. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPTD SDN Kraton 2 Bangkalan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing: (I) Zainal Arifin, M.Pd (II) Yunita Hariyani, M.I.Kom. Kata-kata kunci: ‘Problem Based Learning’, Hasil Belajar, IPA, Tumbuhan dan Bagian-Bagian Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran ‘Problem Based Learning’ Pada Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPTD SDN Kraton 2 Bangkalan. Serta tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah pengaruh model pembelajaran ‘Problem Based Learning’ pada pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN Kraton 2 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan jenis Pre-Experimental jenis One Group Pretest-Posttest Design dengan Teknik Sampling Jenuh serta responden sebanyak 37 siswa. Peneliti juga menggunakan Uji Validitas, Reliabilitas, Normalitas serta uji hipotesis menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS for windows 21 pada tanggal 30 dan 31 Agustus 2021 serta lokasi penelitian berada di Jl. Letnan Singosastro No. 14 Kabupaten Bangkalan. Media pembelajaran adalah alat bantu guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa sehingga dapat mempermudah proses pembelajarannya. Media pembelajaran itu sendiri merupakan sesuatu yang akan digunakan untuk menyampaikan sebuah pembelajaran, sehingga dapat mengembangkan hasil belajar siswa yang sedang melaksanakan proses pembelajaran agar mencapai maksud dan tujuan belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan Pre-Experimental Design jenis One Group Pretest-Posttest Design. Pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa terkait dengan materi yang disampaikan, sedangkan Posttest merupakan bentuk evaluasi akhir pembelajaran dan penelitian ini menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran ‘Problem Based Learning’ Pada Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPTD SDN Kraton 2 Bangkalan. Berdasarkan hasil penelitian dalam Uji Regresi Linier Sederhana terdapat nilai sebesar 0,488 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran ‘Problem Based Learning’ berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPTD SDN Kraton 2 Bangkalan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: KARBELLA MULYA RAMADHANI
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:15
Last Modified: 08 Sep 2022 04:25
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item View Item