EFEKTIVITAS MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

romadhon, dwi dharma (2021) EFEKTIVITAS MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Skripsi_Dwi Dharma siap di print(1).doc

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Perbaikan dalam penyelenggaran pendidikan harus dilakukan dengan serius dan teliti, bukan hanya kurikulum dan variasi bahan ajar saja yang harus ditingkatkan, namun jugaa kualitas guru dalam memberikan pengajaran, penggunaan media dan juga metode belajar juga menjadi faktor penting dalam peningkatan minat belajar siswa yang nantinya juga menentukkan keberhasilan proses belajar mengajar. Penelitian dengan judul “perumusan pancasila sebagai dasar negara untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII Smp nurul arifin desa lajing dalam pembelajaran PPKn” memiliki rumusan masalah bagaimana nantinya guru menjelaskan rumusan pancasila sebagai dasar negara untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PPKn, yang mana kita tahu berita khususnya pancasila menjadi konsumsi publik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitin ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian survey. Adapun sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan metode angket, observasi serta dokumentasi yang juga didukung dengan data-data dari sumber pustaka yang terkait dengan penelitian ini. Data yang diperoleh dianalisis dan disajikan dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan materi perumusan pancasila sebagai dasar negara dalam pembelajaran PPKn memiliki dampak yang signifikan dalam peningkatan minat belajar siswa hal ini bisa dilihat dari perhatian, kesukaan, ketertarikan dan keterlibatan siswa saat kegiatan belajar mengajar siswa, juga terdapat peningkatan nilai dalam hasil latihan soal yang diberikan kepada siswa. Namun perlu digaris bawahi bahwa tidak semua perumusan pancasila sebagai dasar negara bisa dijadikan media dalam pembelajaran PPKn, perlu adanya kecocokan antara materi yang akan diajarkan dengan materi yang akan dijadikan media pembelajaran. Kata Kunci : perumusan pancasila sebagai dasar negara , Minat Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PPKN
Depositing User: dwi dharma romadhon
Date Deposited: 31 Mar 2022 04:01
Last Modified: 31 Mar 2022 04:01
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1549

Actions (login required)

View Item View Item