PENGARUH PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP PEMAHAMAN SISWA TENTANG PENYESUAIAN DIRI HEWAN TERHADAP LINGKUNGANNYA

KUSUMA, RENDRA SAKBANA and ARIFIN, ZAINAL PENGARUH PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP PEMAHAMAN SISWA TENTANG PENYESUAIAN DIRI HEWAN TERHADAP LINGKUNGANNYA. SAINTIFIK.

[img] Text
artikel penelitian saintifik RENDRA dan ZAINAL.pdf

Download (44kB)

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah dasar memiliki tujuan untuk mengenalkan siswa terhadap alam dan lingkungan sekitar dan mampu memahami peran siswa terhadap pelestarian lingkungan. IPA terdiri atas berbagai teori IPA dan melalui pembelajaran secara nyata siswa mampu memahami teori-teori tersebut. Selama ini pelaksanaan pembelajaran IPA di sekolah dasar masih menggunakan model pembelajaran yang konvesional melalui ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Dalam pembelajaran IPA guru cenderung menggunakan media gambar yang ada di buku paket IPA sekolah dasar. Pembelajaran yang lebih didominansioleh guru mengkibatkan siswa menjadi pasif sehingga pemahaman siswa terhadap materi IPA rendah. Untuk mengatasi permasalah tersebut, guru perlu melakukan inovasi agar mampu meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Salah satu yang inovasi yang dapat dilakukan oleh guru adalah menggunakan pendekataan saintifik dalam pembelajaran IPA dan memanfaatkan video sebagai media pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh pembelajaran saintifik dengan media video terhadap pemahaman siswa tentang penyesuaian diri hewan terhadap lingkungannya. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif karena data yang dihasilkan berupa angka dan dianalisis secara statistik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dan rancangan penelitian one group pretest-posttest. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlag 23 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah lembar soa tes untuk mengukur pemahaman siswa tentang penyesuaian diri hewan terhadap lingkungannya. Dengan menggunakan analisis paired sampel t test melalui SPSS 21 diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran saintifik dengan media video terhadap pemahaman siswa tentang penyesuaian diri hewan terhadap lingkungannya. Kata kunci: Pembelajaran Saintifik, Media Video, Penyesuaian Diri Hewan Terhadap Lingkungannya

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: zainal arifin
Date Deposited: 04 Feb 2022 05:55
Last Modified: 04 Feb 2022 05:55
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1504

Actions (login required)

View Item View Item