ISMAWATI, NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL CINTA SANG SUFI KARYA ALI AHMAD BAKTSIR DAN NOVEL CINTA DI TEPI GAZA KARYA MAHMUD JAUHARI ALI.
Image
ISMAWATI 1 2014.psd Download (6MB) |
|
Image
ISMAWATI 2 2014.psd Download (6MB) |
Abstract
SOSIOLOGI SASTRA SECARA GARIS BESAR MERUPAKAN TEORI TERHADAP SASTRA YANG MEMPERTIMBANGKAN SEGI-SEGI SOSIAL.PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA MENARUH PERHATIAN PADA ASPEK MIMETIS SASTRA, DENGAN LANDASAN BAHWA SASTRA MERUPAHAN GAMBARAN ATAU POTRET FENOMENA SOSIAL. DALAM NOVEL CINTA SANG SUFI DAN CINTA DITEPI GAZA KARYA ALI AHMAD BAKTSIR DAN MAHMUD JAUHARI ALI BANYAK NILAI-NILAI SOSIAL YANG TERKANDUNG DIDALAMNYA YANG DAPAT DIPETIK OLEH PEMBACA,SALAH SATUNYA ADALAH ASPEK PENDIDIDKAN. RUMUSAN MASALAH DALAM PENELITIAN INI YAITU BAGAIMANA NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA, DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL CINTA SANG SUFI DAN CINTA DI TEPI GAZA .ADAPUN TUJUA DARI PENELITIAN INI ADALAH UNTUK MENDESKRIPSIKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANAG TERDAPAT DALAM NOVEL CINTA SANG SUFI DAN CINTA DI TEPI GAZA. PENELITIAN INI BERSIFAT KUALITATIF MELALUI BEBERAPA TAHAPAN YAITU PENGUMPULAN DATA DENGAN TEKNIK BACA DAN CATAT YANG DI LAKUKAN UNTUK MENGAMBIL DATA PENELITIAN. PENELITIAN INI MENGANGKAT MASALAH NILAI-NILAI PENDIDIDKAN DALAM NOVEL CINTA SANG SUFI DAN CINTA DI TEPI GAZA YANG MELIPUTI :NILAI PENDIDIKAN AGAMA DAN NILAI PENDIDIKAN MORAL. DARI HASIL PENELITIAN INI DAPAT DI SIMPULKAN BAHWA DALAM NOVEL CINTA SANG SUFI DAN CINTA DITEPI GAZA KARYA ALI AHMAD BAKTSIR DAN MAHMUD JAUHARI ALI INGIN MENYAPAIKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANG SANGAT BERMANFAAT BAGI PARA PEMBACA DENGAN MENGHIDUPKAN ISI CERITA DIDALAMNYA, SEHINGGA DAPAT MENJADI LEBIH HIDUP DAN MENAMBAH FARIASI SERTA MENGHINDARI HAL-HAL YANG MONOTON. NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANG TERDAPAT DALAM NOVEL CINTA SANG SUFI DAN CINTA DI TEPI GAZA BERDASARKAN HASIL ANALISIS TERDIRI DARI DUA NILAI.YAITU: (A) NILAI PENDIDIKAN AGAMA YANG MERUPAKAN SUDUT PANDANG YANG MENGIKAT MANUSIA DENGAN TUHAN SANG PENCIPTA ALAM DAN SEISINYA, DALAM NOVEL CINTA SANG SUFI, (B) NILAI PENDIDIKAN MORAL YANG MENGARAH PADA TANGGUNG JAWAB DAN KEWAJIBAN SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL, MAKHLUK INDIVIDU DAN MAKHLUK RELIGIOUS, DALAM NOVEL CINTA SANG SUFI DAN CINTA DI TEPI GAZA.
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA |
Depositing User: | editor1 perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 02:29 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 02:29 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1501 |
Actions (login required)
View Item |