FAUSIYAH, (2022) EFEKTIFITAS PENDEKATAN KOOPERATIF (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION)DALAM MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 2 SOCAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014.
Image
FAUSIYAH 1 2014.psd Download (6MB) |
|
Image
FAUSIYAH 2 2014.psd Download (6MB) |
Abstract
Di era modern sekarang ini,belajar merupakan bagian pokok dalam kehidupan.Oleh karena itu, upaya peningkatan mutu sumber daya manusia indonesia melalui kegiatan belajar perlu lebih ditingkatkan, baik melalui pendidikan formsl maupun pendidikan non formal. Dari pendidikan formal kegiatan belajar mengajar hendaknya tidak hanya berpusat pada guru, tetapi juga melibatkan siswa untuk lebih aktif dan juga lebih kreatif. rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: bagaimana efektifitas pendekatan kooperatif teknik cooperative integrated reading and compotition (CIRC) dalam pembelajaran menulis narasisiswa kelas VII-A SMP NEGERI 2 SOCAH tahun pelajaran 2013/2014 sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan sekolah harus berusaha meningkatkan hasil belajar peserta didiknya. Salah sautnya dengan melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dengan jalan memilih metode yang tepat untuk setiap pelajaran. Hal itu dilakukan karena metode mengajar harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa yang meliputi kemampuan intelektual,emosional, dan keterampilan. Pendekatan kooperatif adalah pendekatan yang didasarkan pada falsafat homo homini socius.Falsafah ini menekankan bahwa manusia adalah makhluk sosial. Dialog interaktif (interaksi sosial) adalah kunci dari semua krhidupan sosial. Tanpa interaksi sosial, tidak akan mungkin ada kehidupan bersama. Dengan kata lain, kerja sama merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup. Tanpa kerja sama, tidak akan ada individu, keluarga, organisasi, dan kehidupan bersama lainnya. Secara umum pembelajaran kooparatif adalah pembelajaran yang mene-kankan terhadap kerja sama kelompok (suprijono,2009:56). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif adalah pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Penelitian deskriptif pembelajaran masalah-masalah dalam masyarakat,serta tata cara yang berlaku salam masyarakat serta situsi-situasi tertentu, termasuk tentang hubungan kegiatan kegiatan, sikap, pandangan, serta proses-proses yang sedang berlangsung dan pengaruh dari suatu fenomena. Metode kuantitatif dinamakan metode tradisoanal, karena metode ini sudah cukup lama digunakan sehingga sudah metradisi sebagai metode penelitian. Metode ini sebagai metode ilmiah scientific, karena telah memenuhi.
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA |
Depositing User: | editor1 perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 02:29 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 02:29 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1499 |
Actions (login required)
View Item |