ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA LAPORAN KULIAH KERJA NYATA (KKN) TEMATIK 2021 MAHASISWA STKIP PGRI BANGKALAN

mustika, mara (2021) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA LAPORAN KULIAH KERJA NYATA (KKN) TEMATIK 2021 MAHASISWA STKIP PGRI BANGKALAN. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI MARA MUSTIKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

Kesalahan berbahasa merupakan penggunaan bahasa secara lisan maupun tulisan yang menyimpang dari kaidah-kaidah bahasa baku. Secara umum, Kesalahan berbahasa dalam bahasa Indonesia diklasifikasikan berdasarkan tata linguistik yakni kesalahan berbahasa dalam bidang fonologi, morfologi, sintaksis (frasa, klausa, kalimat), semantik, dan wacana. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan tujuan pengajaran bahasa sangat diperlukan upaya mengurangi jumlah kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh mahasiswa mau pun pengguna bahasa bahasa lainnya, peluang kesalahan berbahasa menjadi sangat kecil, Perlu adanya analisis kesalahan berbahasa untuk mengetahui kesalahan pada sebuah karya tulis. Analisis kesalahan berbahasa sebagai suatu langkah kerja untuk mengetahui bentuk-bentuk dan penjelasan kesalahan yang terjadi, kemudian perbaikan untuk mengecilkan peluang terjadinya kesalahan berbahasa. Kesalahan berbahasa dari segi tata kalimat merupakan kesalahan gabungan kata yang tidak mempunyai unsur predikat dalam sebuah kalimat.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan ejaan dan tata kalimat pada Laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Mahasiswa STKIP PGRI Bangkalan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek kajian yang akan diteliti adalah laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dibuat oleh Mahasiswa STKIP PGRI Bangkalan khususnya pada segi Kesalahan ejaan dan segi kesalahan tata kalimat. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi dan metode observasi. Teknik pengumpulan yang digunakan berupa teknik baca dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian dalam penelitian ini ditemukan kesalahan ejaan dan kesalahan tata kalimat. Kesalahan ejaan diperoleh sebanyak 142 data kesalahan yang meliputi kesalahan penulisan huruf kapital, kesalahan penulisan kata, kesalahan penulisan lambang bilangan kesalahan penulisan huruf miring, dan kesalahan penulisan tanda baca. Kesalahan tata kalimat diperoleh sebanyak sebanyak 37 data. Kesalahan tata kalimat terjadi pada dua bidang kesalahan, yaitu kesalahan dalam bidang frasa dan kalimat. Kesalahan dalam bidang frasa meliputi: adanya pengaruh bahasa daerah, penggunaan preposisi yang tidak tepat, penggunaan unsur yang berlebihan. Kesalahan dalam bidang kalimat meliputi: kalimat tidak bersubjek, kalimat tidak berpredikat, kalimat tidak logis, kalimat ambiguitas, penggunaan konjungsi yang berlebihan, penggunaan istilah asing diperoleh, dan penggunaan kata tanya yang tidak perlu. Kata kunci: Kesalahan Berbahasa, Kesalahan ejaan, Kesalahan Tata Kalimat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Depositing User: mara mustika
Date Deposited: 29 Nov 2021 05:18
Last Modified: 29 Nov 2021 05:18
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1427

Actions (login required)

View Item View Item