PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA DARUSSALAM PAKONG MODUNG BANGKALAN

Rosi, Rosi (2021) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA DARUSSALAM PAKONG MODUNG BANGKALAN. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
JURNAL ROSI TERBARU.pdf

Download (466kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran ekonomi terhadap motivasi belajar peserta didik di MA Darussalam Pakong Modung Bangkalan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu kelas X, XI dan XII MA Darussalam. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik angket dan teknik dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data menggunakan Uji Validitas dan Realibilitas, uji normalitas, uji hipotesis, dan uji T. Berdasarkan uji validitas pada variabel kreativitas guru dan motivasi peserta didik yang dilakukan kepada 73 responden dengan 31 pernyataan, Uji validitas dilakukan untuk mengetahui valid tidaknya suatu kuesioner. Uji signifikan dilakukan dengan membandingkan nilai r hitung dangan r tabel untuk degree of fredom (df)= n-2 (Ghozali,2013:53). dalam penelitian ini jumlah sampel yang digunakan (n) = 73 dan besarnya df dapat dihitung 73-2 = 71 dengan alpha 0,05 didapat r tabel= 0,299. Berikut merupakan hasil uji validitas menggunakan SPSS 23.0. Berdasarkan tabel 4.3 dapat diketahui bahwa semua variabel dinyatakan reliabel hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai Cronbach's Alpha > 0,60 yang mana 0,878 > 0,60 maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji reliabilitas pada semua variabel dinyatakan reliabel. Berdasarkan hasil uji normalitas pada tabel 4.4 menunjukkan bahwa semua variabel penelitian mempunyai nilai signifikansi 0,200 lebih besar dari 0,05 pada (sig > 0,05 ), sehingga dapat disimpulkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji t pada variabel kreativitas guru diperoleh thitung sebesar 6,646 > ttabel 1,666 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi peserta didik di MA Darulssalam Pakong Modung Bangkalan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran ekonomi berpengaruh terhadap motivasi peserta didik. Kata-Kata Kunci: kreativitas guru, motivasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: rosi
Date Deposited: 23 Nov 2021 03:49
Last Modified: 23 Nov 2021 03:49
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item View Item