PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDENGAR CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS V UPTD SDN PATERONGAN 1

Rasidi, Rasidi (2021) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDENGAR CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS V UPTD SDN PATERONGAN 1. Other thesis, STKIP PGRI ANGKALAN.

[img] Text
RASIDI_1748811025_PGSD_2021.pdf

Download (168kB)

Abstract

Rasidi, 2021. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mendengar Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V UPTD SDN Paterongan 1. Skripsi . Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan, Pembimbing I: Yunita Hariyani, M.I.Kom, Pembimbing II: Rendra Sakbana Kusuma, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah kemampuan mendengar cerita siswa serta apakah ada pengaruh penggunaan media Audio Visual terhadap kemampuan Mendengarkan Cerita Rakyat pada siswa kelas V di UPTD SDN Paterongan 1. Sedangkan tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui kemampuan mendengar cerita pada siswa serta untuk mengetahui pengaruh media Audio Visual terhadap kemampuan Mendengarkan Cerita Rakyat pada siswa kelas V UPTD SDN Paterongan 1. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan mendengar cerita rakyat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V UPTD SDN Paterongan 1. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V UPTD SDN Paterongan 1 sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan pada semester Genap tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan setelah tahap perencanaan, pelaksanaan (prestest dan postest), analisis, dan temuan setelah diperoleh berupa data kuantitatif hasil belajar siswa, maka selanjutnya dilakukan analisis deskriptif dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan mendengar cerita rakyat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V UPTD SDN Paterongan 1. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil postest yang diperoleh dari keterampilan mendengar pada murid setelah diterapkan media pembelajaran audio visual lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil pretest yang diperoleh sebelum diterapkan media pembelajaran audio visual. Rata-rata pretest yang diperoleh sebelum diterapkan media audio visual yaitu 5% atau sebanyak 1 siswa yang mendapat nilai 80 keatas. Setelah dilakukan tindakan dengan perlakuan media pembelajaran audio visual, maka diperoleh nilai rata-rata postest yaitu siswa yang memperoleh nilai diatas 70 (100%). Selain itu juga digunakan perhtungan uji t-test. Hasil penelitan diperoleh t hitung = 7,4 dan t tabel = 2,086 .maka t hitung t tabel atau 7,4 2,086. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual berpengaruh terhadapa kemampuan mendengar cerita rakyat padamata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V UPTD SDN Paterongan 1.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: rasidi
Date Deposited: 19 Nov 2021 06:32
Last Modified: 19 Nov 2021 06:32
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1345

Actions (login required)

View Item View Item