PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAS ISLAM YKHS SEPULU

faiseh, endang (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAS ISLAM YKHS SEPULU. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
ENDANG FAISEH_1722211020 Pend.pdf

Download (256kB)

Abstract

ABSTRAK Faiseh, Endang. 2021 “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAS Islam YKHS Sepulu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Bangkalan. Dosen Pembimbing: (I) Ika Lis Mariatun, M.Pd, dan (II) Romiftahul Ulum, S.E, M.Ak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI di SMAS Islam YKHS Sepulu. Secara teori hasil belajar pada hakikatnya merupakan pencerminan dari usaha belajar. Semakin baik siswa berusaha untuk belajar maka semakin baik pula hasil belajar yang akan diperolehnya. Sedangkan mind mapping merupakan Cara mengembangkan kegiatan berpikir seseorang kesegala arah, sehingga dapat menggali atau mendapatkan informasi dari berbagai sumber, serta dapat menangkap atau memahami pokok pembahasan yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dangan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan untuk uji hipotesisnya menggunakan uji t. Yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS SMAS Islam YKHS Sepulu. yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil regresi diketahui bahwa media mind mapping (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y) siswa secara parsial. Hal ini dapat dilihat pada tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil thitung > ttabel yaitu sebesar 1,858 > 1.699127. Maka dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima. Artinya, variabel media mind maping berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi secara parsial. Kata kata kunci: Hasil Belajar, Media Mind Mapping

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: endang faiseh
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:59
Last Modified: 19 Nov 2021 03:59
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1337

Actions (login required)

View Item View Item