PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD

Sa'diyeh, Hotimatus (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Hotimatus Sa'diyeh_1748811011_PGSD-2021.pdf

Download (309kB)

Abstract

Sa’diyeh, Hotimatus. 2021. Pengaruh Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing (I) Zainal Arifin, M.Pd, dan (II) Miranti Widi Adriani, M.Pd Kata-kata kunci: Model Mind Mapping, Konvensional untuk meningkatkan kreativitas, prestasi belajar siswa. Penelitian ini secara Umum mengarahkan pada Pengaruh Model Mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPS yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model pembelajaran terhadap kreativitas dan prestasi belajar. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SDN Paseseh 02, hasil belajar peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan karena berbagai faktor, salah satunya adalah pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Dalam proses pembelajaran peserta didik sering kali mendengarkan dan mencatat apa yang telah disampaikan oleh guru oleh sebab itu siswa akan merasa bosan dan membuat minat belajar peserta didik menjadi rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan model Mind mapingdi dalam proses pembelajaran IPS di SDN Paseseh 02. Peneliti mengambil model pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh terhadap kreativitas dan prestasi belajar IPS di SD kelas V. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 16 peserta didik. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah dibagi menjadi 2 kelas yang dipilih secara random yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 8 peserta didik, dan kelas B sebagai kelas kontrol yang berjumlah sama yaitu 8 peserta didik. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa Koesioner (angket) dan soal tes hasil belajar pretesst dan posttest berbentuk angket dan soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh pembelajaran dengan mwnggunakan model Mind mapping terhadap kreativitas dan prestasi siswa kelas V di SDN Paseseh 02 hal ini bisa dilihat dari nilai rata-rata hasil postest yang diperoleh siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan model Mind Mapping lebih tinggi nilainya dibandingkan nilai prettest sebelum diterapkan model mind mapping dengan nilai rata-rata 63 sebanyak 16 siswa/responden, setelah dilakukan tindakan menggunakan Model Mind mapping mendapatkan nilai rata-rata 78 dengan 16 siswa/responden. Selain itu digunakan perhitungan uji t-test menggunakan SPSS 21 dan diperoleh hasil nilai Ftabel 6.433 ˃ 0,05 maka dapat diambil kesimpulan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak kesimpulannya tidak dapar berpengaruh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: hotimatus sa'diyeh
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:41
Last Modified: 19 Nov 2021 03:41
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1333

Actions (login required)

View Item View Item