PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) PADA MATERI IPA PERUBAHAN SIFAT BENDA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Imanda, Eka Novianti, Imanda (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) PADA MATERI IPA PERUBAHAN SIFAT BENDA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
Eka Novianti Imanda_1748811006_PGSD_2021.pdf

Download (274kB)

Abstract

ABSTRAK Imanda, Eka Novianti. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi IPA Perubahan Sifat Benda Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing: (I) Yunita Hariyani, M.I.Kom, dan (II) Rendra Kusuma Sakbana, M.Pd. Kata-Kata Kunci: Model POE (Predict-Observe-Explain), hasil belajar, IPA, perubahan sifat benda. Dalam kegiatan pembelajaran guru hendaknya menciptakan pembelajaran yang bermakna dan melibatkan siswa berpartisipasi secara langsung. Model POE (Predict-Observe-Explain) sangat cocok pada mata pelajaran IPA dimana pada model pembelajaran tersebut memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan pengamatan secara langsung dan menganalisis kesimpulan berdasarkan temuannya pada kegiatan pengamatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model POE pada materi IPA perubahan sifat benda terhadap hasil belajar kelas 5 yang menggunakan model POE dengan kelas 5 yang tidak menggunakan model POE. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis Quasi Experimental Design. Bentuk desain penelitian dari eksperimen yang akan digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Pejagan 5 sejumlah 51 anak. Penelitian ini dimenggunakan teknik sampling total/jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dengan teknik analisis data yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan analisis akhir menggunakan uji-t. Dari hasil uji hipotesis data hasil belajar siswa menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi 0,008 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan kata lain nilai hasil belajar IPA pada kelas yang diterapkan pembelajaran dengan model POE lebih tinggi dibanding kelas yang tidak mendapat pembelajaran model POE. Jadi dapat disimpulkan bahwa model POE mempengaruhi dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi perubahan sifat benda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: eka novianti imanda
Date Deposited: 19 Nov 2021 04:09
Last Modified: 19 Nov 2021 04:09
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1321

Actions (login required)

View Item View Item