Efektivitas Model Pembelajaran Inquiri Learning Melalui Media Zoom Pada Materi Pecahan Di Era Covid 19

Liana, Dini mei (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Inquiri Learning Melalui Media Zoom Pada Materi Pecahan Di Era Covid 19. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Dini Mei Liana_1746611002_pendidikan matematika_2021-dikonversi.pdf

Download (190kB)

Abstract

ABSTRAK Dini Mei Liana. 2021. Efektifitas Model Pembelajaran Inquiri Learning Melalui Media Zoom Pada Materi Pecahan Di Era Covid – 19. Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing : (I) Dr. dwi ivayana sari, M.Pd (II) Nur Aini, M.Si. Kata-kata kunci : model pembelajaran inquiri learning (IL),Aktivitas belajar siswa, Materi pecahan,Zoom. Aktivitas belajar siswa adalah aktivitas yang bersifat fisik maupun mental. Dalam proses belajar kedua aktivitas itu harus saling berkaitan. Lebih lanjut lagi piaget menerangkan dalam buku sardiman bahwa jika seorang anak berfikir tanpa berbuat sesuatu, berarti anak itu tidak berfikir. Aktivitas belajar matematika digunakan untuk mengetahui tingkat penguasaan terhadap materi yang telah diberikan dan keberhasilan belajar siswa di sekolah sehingga bisa menentukan langkah selanjutnya dalam proses pembelajaran . namun di SMPN 01 Socah penerapan model pembelajaran dan media pembelajaran online yang berpusat pada siswa masih kurang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk : 1) Untuk mengetahui apakah model pembelelajaran inquiri learning zoom efektif untuk mengajarkan materi pecahan 2) Untuk mengetahui apakah rata-rata nilai siswa yang diajar dengan model pembelajaran inquiri learning melalui zoom lebih tinggi dari pada rata-rata nilai siswa yang di ajar dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Kelas 7c sebagai kelas eksperimen, dan 7d sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data menggunakan test tulis essay yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran atau pretest-posttest dan teknik observasi untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran dengan model inquiri learning menggunakan Zoom terhadap materi pecahan. Untuk analisis data , penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: model inquiri learning (IL) menggunakan Zoom efektif untuk terhadap materi pecahan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Socah. Aktivitas matematis siswa pada materi pecahan dengan model pembelajaran inquiri learning menggunakan platform Zoom lebih tinggi dari pada rata-rata aktivitas matematis siswa yang di ajar menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: dini mei liana
Date Deposited: 18 Nov 2021 04:32
Last Modified: 18 Nov 2021 04:32
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item