Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Newman

Ayu, Mayasari (2018) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Newman. UNSPECIFIED thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
abstrak ayu.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Mayasari, Ayu 2018. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Newman, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing, : (I) Buaddin Hasan, M.Pd, (II) Zaiful Ulum, M.Sc. Kata kunci: Analisis Kesalahan, Menyelesaikan Soal Cerita, Berdasarkan Prosedur Newman Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa saat menyelesaikan soal cerita tersebut. Dalam penelitian ini mengambil materi volume prisma. Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi volume prisma perlu dianalisis untuk mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin dilakukan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa berdasarkan prosedur newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Jrengik Sampang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel bertujuan berdasarkan prosedur newman. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes tertulis dan wawancara. Setelah siswa melakukan tes tertulis kemudian dilakukan wawancara sebagai pelengkap dari data hasil tes. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa jenis kesalahan siswa kelas VIII B dalam menyelesaikan soal cerita materi volume prisma yaitu: Reading Errors, Comprehention Errors, Transformation Errors, Process Skill Errors, Enconding Errors meliputi kesalahan. ABSTRACT Ayu, Mayasari 2018. The Analysis of Student Error in Solving Story Problems Based on Newman Errors. Thesis, Mathematics Education Program, Undergraduate Program, STKIP PGRI Bangkalan. Advisors, (I) Buaddin Hasan, M.Pd, (II) Zaiful Ulum, M.Sc. Keywords : Error Analysis, answering story problems, based on the Newman procedure. This research is based on the low ability of students in solving math story problems. This can be seen from the fact that many errors made by students when solving the story. This study covers the learning material of prism volume. The student's mistake in solving the material story of the prism volume needs to be analyzed to reduce the students’ possible errors. This study aims to determine the types of student error based on Newman procedures. The type of this research is descriptive research using qualitative approach. The subjects of this study are students of class VIII B SMP Negeri 1 Jrengik Sampang by using sampling technique based on newman procedures. Data collection was conducted by aadministering written test and interview. After the students have accomplished a written test, they were then interviewed as a complement of test results data. Data analysis method used is qualitative data analysis in the form of data reduction, data presentation, and conclusion. Based on the result of the research, it is found that the type of error of class VIII B students in solving the matter of prism volume volume are: reading errors, comprehension errors, transformation errors, process-skill errors, enconding errors covering errors.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2018 08:50
Last Modified: 24 Sep 2018 08:50
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item View Item