Veby Yuning Tiastuti, Tiastuti (2018) Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMPN 04 Bangkalan Dalam Menyelesaikan Masalah Segiempat Ditinjau Dari Perbedaan Gender. UNSPECIFIED thesis, STKIP PGRI Bangkalan.
Text
ABSTRAK.docx Download (12kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (15kB) |
Abstract
ABSTRAK Tiastuti, Veby Yuning. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMPN 04 Bangkalan Dalam Menyelesaikan Masalah Segiempat Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing : (I) Dr.Dwi Ivayana Sari, M.Pd (II) Hefi Rusnita Dewi, SP, M.Pd Kata kunci: kesalahan, segiempat, gender Matematika merupakan mata pelajaran yang mendasari mata pelajaran yang lain. Namun matematika adalah salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Kesulitan tersebut tentu akan menyebabkan siswa melakukan kesalahan-kesalahan saat menyelesaikan soal matematika. Oleh karena itu, kesalahan –kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal matematika perlu mendapat perhatian.Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah segiempat ditinjau dari perbedaan gender, sehingga dengan menganalisis kesalahan siswa guru dapat mengetahui hasil belajar siswa yang nantinya akan digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar selanjutnya. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana subjek penelitiannya adalah 2 siswa kelas VII SMPN 04 Bangkalan yang terdiri dari 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Hasil dari penelitian menunjkkan jenis-jenis kesalahan meliputi kesalahan konsep. Kesalahan menggunakan data, kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan teknik dan kesalahan penarikan kesimpulan. Metode yang digunakan adalah wawancara dan instrumen yang digunakan adalah TPM dan pedoman wawancara. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi waktu. Hasil dari penelitian menunjukkan kesalahan siswa laki-laki dalam menyelesaikan masalah segiempat adalah kesalahan konsep karena tidak menuliskan symbol matematika , kesalahan penarikan kesimpulan yaitu tidak menuliskan kesimpulan dari jawaban yang diperoleh dan kesalahan menggunakan data yaitu terburu-buru dalam membaca soal. Kesalahan siswaperempuan dalam menyelesaikan masalah segiempat adalah konsep karena tidak menuliskan symbol matematika, kesalahan penarikan kesimpulan yaitu tidak menuliskan kesimpulan dari jawaban yang diperoleh. ABSTRACT Tiastuti. Veby Yuning. 2018. Analisys Of Error Class VII SMPN 04 Bangkalan In Solving fourangle In The Terms Of Gender Difference. Skripsi. A Program Of Study Math Education. STKIP PGRI Bangkalan. Preceptor : (I) Dr Dwi Ivayana Sari, M.Pd (II) Hefi Rusnita Dewi, SP, M.Pd. Keyword: error, fourangle, gender Mathematics is the subject underlying the other subject. But mathematics is one of the lessons that considered difficult by student. The difficult will cause a student make mistakes when complete a match problem. Because of that mistakes in solving about a match problem should get attention.This research aimed to describe the student’s fault location solving mathematical problem on plane, so that by analisingthe mistakes of student, teacher can detrmine student learning outcomes that can be used to further improve the teaching and laerning process. The type of this research is qualitative descriptive research, where the subject of research was two students of class VII SMPN 04 Bangkalan which consist of one male student and ane famale student. The result of the research showed the type error concept, error using data, error interpretasion language, error technical and error conclusion. The method used is the interview and instrumen used was TPM and interview. The data were validated using time triangulation. The result of the research student male error in solving the fourangle problem is error concept because doesn’t write mathematical symbol, error conclusion doesn’t write the conclision of the answers obtained and error using data doesn’t hurry to read question. Error student female error in solving the fourangle problem is error concept because doesn’t write mathematical symbol, error conclusion doesn’t write the conclision of the answers obtained.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 24 Sep 2018 08:47 |
Last Modified: | 24 Sep 2018 08:47 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/127 |
Actions (login required)
View Item |