PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTS MANBA’UL HIKAM PADA MATERI SEGITIGA MENGGUNAKAN MEDIA THE WHEELS OF DREAMS

Siti, Humairoh (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTS MANBA’UL HIKAM PADA MATERI SEGITIGA MENGGUNAKAN MEDIA THE WHEELS OF DREAMS. UNSPECIFIED thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
xi.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (12kB)

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTS MANBA’UL HIKAM PADA MATERI SEGITIGA MENGGUNAKAN MEDIA THE WHEELS OF DREAMS Siti Humairoh Pendidikan Matematika STKIP PGRI Bangkalan Humayrohc@yahoo.com ABSTRACT This research is based on the result of preliminary observation, which shows that Mathematics teacher in MTs Manba'ulHikam still used explanatory method. As a result, students are less interested and feel bored in the learning process that affects the declining spirit of students to learn and causes the declining student achievement. Therefore, researchers try to use the Think Pair Share learning model with The Wheels of Dreams media as one of the efforts to improve student achievement. Think Pair Share learning model with The Wheels of Dreams media is a model that has its own characteristics of students in groups and then form members in pairs to solve problems given by the teacher. Then students use The Wheels of Dreams media which contains the problem of determining the circumference and the area of the triangle, i.e. by rotation. The purpose of this study to improve student achievement class VII-A MTs Manba'ulHikam using Think Pair Share Learning Model with The Wheels of Dreams media on triangle area and circumference material. This research is a classroom action research (CAR) conducted in two cycles in which in each cycle there are four stages of planning, implementation, observation and reflection. The subjects of the study were 22 students of class VII-A consisting of 13 female students and 9 male students. The instrument used is a test sheet of learning results used to determine student achievement. The results showed that the use of Think Pair Share learning model with The Wheels of Dreams media can improve students' learning achievement. This is seen from the results of pretest to posttest I increased 9% and posttest I to posttest II increased 91%, so that the total increase of cycle I and cycle II is 100%. Keywords: Think Pair Share learning model, The Wheels of Dreams media, circumference and rectangle area, learning achievement. ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa guru Matematika di MTs Manba’ul Hikam masih menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa kurang berminat dan merasa bosan dalam proses pembelajaran hal ini berdampak pada menurunnya semangat siswa untuk belajar dan menyebabkan prestasi belajar siswa menurun. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan media The Wheels Of Dreams sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Model pembelajaran Think Pair Share dengan media The Wheels Of Dreams merupakan model pembelajaran yang memiliki karakteristik tersendiri yaitu siswa berkelompok kemudian membentuk anggotanya secara berpasangan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan oleh guru. Kemudian siswa menggunakan media The Wheels Of Dreams yang berisikan soal menentukan keliling dan luas segitiga yaitu dengan cara diputar. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII-A MTs Manba’ul Hikam menggunakan Model pembelajaran Think Pair Share dengan media The Wheels Of Dreams pada materi keliling dan luas segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana pada setiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-A dengan jumlah siswa 22 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar yang digunakan untuk menentukan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dengan media The Wheels Of Dreams dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pretest ke posttest I meningkat 9% dan posttest I ke posttest II meningkat 91% sehingga total peningkatan siklus I dan siklus II yaitu sebesar 100%. Kata Kunci : Model pembelajaran Think Pair Share, Media The Wheels Of Dreams, keliling dan luas segitiga, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2018 08:40
Last Modified: 24 Sep 2018 08:40
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item View Item