EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI MYOB DALAM MATA PELAJARAN AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NURUL USMANI BLEGA

hakim, lukman (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI MYOB DALAM MATA PELAJARAN AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NURUL USMANI BLEGA. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
JURNAL LUKMAN HAKIM_1722211033_Pendidikan Ekonomi_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang kurang tepat sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu di butuhkan media yang tepat yaitu menciptakan sesuatu yang baru dengan aplikasi pembelajaran yang dapat menjadi alat atau bahan dalam membantu untuk mempemudah pengerjaan terutama dalam mata pelajaran akuntansi. Berhitung manual merupakan kegiatan yang sangat sulit untuk dilakukan siswa.Jadi, hal penting bagi seorang guru agar memilih media yang tepat guna untuk memilih sebuah media.Adapun media yang digunakan dalam pembelajaran akuntansi adalah aplikasi myob. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan aplikasi Myob dalam mata pelajaran akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Nurul Usmani Blega dengan menggunakan teknik test yaitu berupa pre-test dan post-test. Selanjutnya untuk mengetahui bagaimanakah persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi Myob.Hal ini dilakukan dengan menyebarkan angket atau kuesioner terhadap siswa.Siswa sebanyak 30 orang dikelas XI SMA Nurul Usmani Blega sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif di mana data penelitiannya berupa angka-angka dan di analisis dengan statistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada nya perbedaan dari sebelum menggunanakn aplikasi Myob dan sesudah menggunakan aplikasi myob, ini ditunjukkan bahwa dengan KKM 75 hasil belajar sebelum menggunakan aplikasi Myob (pre-test) di bawah rata-rata yaitu 65,9 (tidak tuntas). Sedangkan hasil belajar setelah menggunakan aplikasi Myob (pos-test) di atas rata-rata yaitu 84,4 (tuntas). dari hasil nilai thitung>ttabel yaitu sebesar 49.943 > 1.6938. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, variabel Aplikasi Myob ada perbedaan terhadap Variabel Hasil Belajar Siswa Kata-Kata Kunci: Hasil belajar, Efektivitas, Pembelajaran, Aplikasi Myob.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: lukman hakim
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:48
Last Modified: 24 Jan 2022 02:48
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1259

Actions (login required)

View Item View Item